Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersengat Listrik di Sawah, Satu Keluarga Petani di Lombok Tewas

Kompas.com - 25/12/2017, 17:41 WIB
Fitri Rachmawati

Penulis

LOMBOK, KOMPAS.com - Satu keluarga petani di Dusun Larang, Desa Pijot, Kecamatan Keruak, Lombok Timur tewas tersengat listrik, Senin (25/12/2017).

Danramil 1615-04, Keruak Kapten INF. Bimo Sakti, mengatakan peristiwa naas itu terjadi pukul 10.00 saat korban berada di sawah untuk menanam padi. Saat itu tengah turun hujan. 

“Mereka tersengat arus listrik bertegangan tinggi dari tiang penyangga kabel listrik yang berada di pinggir sawah, kabel listrik milik warga ini tersambung dengan aliran utama milik PLN. Inaq Sanah (50), adalah korban yang pertama kali menyentuh kabel listrik itu,” kata Bimo.

Bimo menjelaskan, korban pertama yaitu Sanah. Sanah langsung tersengat aliran listrik saat memegang tiang yang terikat kabel di pinggir sawah.

Saat itu warga sekitar bernama Amaq Saiful aluas Gepong, melihat Sanah terlentang di tengah sawah dan ember miliknya mengapung. Gepong langsung melaporkan kejadian itu pada keluarga Sanah.

Saat itulah kedua anak Sanah, Ikmatullah (30) dan Heriyah (35) berlari ke sawah dan berusaha menolong ibu mereka. Namun, keduanya ikut tersengat listrik.

Heriyah yang pertama terjun ke sawah untuk menolong ibunya ikut terjatuh dan tak bergerak sambil memeluk Sanah. Kemudian Ikmatullah yang berusaha menolong juga bernasib sama dengan Heriyah. Begitu pula dengan suami Sanah.

“Saat itu suami korban, Amaq Sanah (60) yang hendak menolong justru ikut tersengat,” kata Bimo.

Tak satu pun warga yang berani membantu keempat korban karena kabel listrik yang menyengat korban masih menyala.

Aparat Polsek dan anggota Koramil yang berada di TKP akhirnya mengevakuasi korban setelah aliran listrik tersebut diputus.

Kapolsek Keruak, Iptu Arif Budiman mengatakan, satu keluarga ini meninggal saat saling menolong. 

Keempat korban sempat dibawa ke UGD Puskesmas Keruak. Namun nyawa mereka tak tertolong.

“Kabel yang melintas itu memang tersambung di tiang penyangga yang berada di sawah, dan kabel itu terkelupas menyebabkan sengatan arus listrik. Telebih lagi tiang terkena air dan pasti menyengat juga karena ada aliran listrik,“ kata Budiman kepada Kompas.com.

Budiman mengatakan, sengatan arus listrik sangat cepat karena keadaan cuaca saat itu sedang gerimis.

“Saya mengingatkan pada warga agar hati hati, jika ada kabel listrik terkeluoas, jangan menyentuhnya dan segela lapor pada PLN. Saya ingatkan juga agar jangan sekali kali membuat sambungan tanpa seijin PLN, agar tak terjadi peristiwa yang menewaskan empat warga kita” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com