Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Tangkap Buaya yang Masuk ke Pulau Wisata di Maluku Tengah

Kompas.com - 16/12/2017, 19:07 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Warga Pulau Hatta Kecamatan Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah digegerkan dengan penemuan seeokor buaya hidup di pulau wisata tersebut.

Buaya dengan ukuran panjang lebih dari dua meter itu ditemukan tiga warga setempat saat buaya tersebut sedang bermain di bagian utara pulau tersebut.

Ketiga warga lalu menangkap buaya itu dan itu dibawa ke perkampungan.

“Buaya itu ditangkap oleh tiga orang warga kampong yakni Busro Hattapayo, Irsan Samran dan La Nong Raharusun, Jumat siang kemarin,” kata tokoh masyarakat Pulau Hatta, La Ici La Jale saat dihubungi Sabtu (16/12/2017).

Dia mengungkapkan sebelum buaya itu ditangkap tiga hari yang lalu, imam masjid setempat bersama keluarganya sempat melihat keberadaan hewan itu itu di pinggir laut.

“Bapak Imam lalu menceritakan informasi tersebut kepada masyarakat kemudian warga mencari buaya tersebut,”ujarnya.

Dia mengaku penemuan buaya tersebut menggegerkan warga di Pulau tersebut, sebab baru pertama kali ada buaya yang ditemukan di pulau yang sering didatangi para wisatawan tersebut.

“Dari dulu sampai dengan sekarang di pulau Hatta tidak pernah ada buaya, sehingga pada saat di temukan buaya tersebut warga langsung heboh,”katanya.

Dia mengaku buaya tersebut sampai saat ini masih diamankan warga. Rencananya kata dia warga di Pulau tersebut akan melakukan ritual adat terkait penemuan buaya tersebut.

“Nanti akan dibuat acara adat untuk menentukan nasib buaya tersebut apakah akan dilepas atau dibawa keluar dari Pulau Hatta,”ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com