Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Maluku: Ibu Zaman "Now" Mesti Melek Teknologi

Kompas.com - 07/12/2017, 17:27 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com - Gubernur Maluku Said Assagaff mengimbau para ibu zaman now supaya melek terhadap perkembangan teknologi dan informasi yang begitu cepat.

"Adalah sebuah kesalahan apabila anak-anak kita lebih terampil menggunakan smartphone dan justru sebaliknya kita, termasuk para ibu, malah kebingungan," ujar Gubernur Assagaff pada peringatan ulang tahun ke-18 Dharma Wanita Persatuan Provinsi Maluku di Aula Kantor Gubernur Maluku, Kamis (7/12/2017).

Said mengatakan, seharusnya ibu zaman sekarang lebih memahami teknologi informasi supaya tindakan proteksi bisa sedini mungkin dilakukan. ”Jangan salahkan siapa pun kalau anak-anak kita bisa mengakses website yang tidak cocok dengan umur mereka, hanya karena kita sendiri tidak memahaminya,” kata Said.

Dia lantas mengajak para ibu untuk melihat peluang hadirnya fenomena belanja online saat ini bukan hanya untuk berbelanja di sana, tetapi juga memanfaatkannya secara tepat. "Seseorang dikatakan sukses besar apabila dia bisa mengubah tantangan menjadi peluang, mengubah kendala menjadi kesempatan," ucap dia.

Sekarang ini, lanjut Said, semakin banyak merebak usaha-usaha kecil dan mikro yang dikelola oleh seseorang atau korporasi dalam skala kecil secara online sebagai sarana pemasaran produk-produknya. Menurut Said, sudah semestinya pola pikir ke arah tersebut harus dikembangkan, khususnya bagi para ibu.

"Bila hal tersebut dicapai, maka sama artinya ibu-ibu selaku para istri aparat sipil negara (ASN) sudah melakukan peningkatan kualitas diri secara mandiri, dan yang pasti, hal itu turut berkontribusi besar bagi upaya memperkuat ketahanan keluarga," tutur dia.

Baca juga: Mbah Maimun: Zaman Now, Kiai Muda Harus Melek Teknologi

Meski keberadaan teknologi informasi sangat bermanfaat, tetapi banyak pendapat yang menyimpulkan bahwa implikasi penggunaan teknologi IT sangat berpengaruh terhadap peningkatan angka kejahatan.

Akses ke dunia global, lanjut dia, telah ditransformasikan ke dalam genggaman tangan seorang anak kecil. Selain ada dampak positif, tetapi ada juga negatifnya, terutama ketika tidak diikuti dengan pengawasan ketat orang tua.

"Di sinilah peran seorang ibu dalam keluarga. Bagaimana membentuk akhlak moral generasi muda bangsa, sebagian tergantung para istri," ujar Assagaff.

Kompas TV Eila Campbel merayakan ulang tahunnya yang ke - 94 dengan melakukan terjun payung.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com