Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Perairan NTT, Nakhoda dan 21 ABK Kapal Fu Yuan Yu 831 Diperiksa

Kompas.com - 02/12/2017, 15:03 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Petugas dari Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap nakhoda dan 21 anak buah kapal (ABK) Fu Yuan Yu 831. Kapal berbendera China itu diamankan karena memasuki wilayah perairan NTT.

Kepala PSDKP Kupang, Mubarak mengatakan, kapal itu milik Fred Ho dan berukuran 598 GT.

Menurut Mubarak, kapal itu berada pada posisi 11°09,943'S - 126°12,441'E ZEEI WPP 573 saat diamankan, atau sudah masuk wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.

"Saat ini kami sedang proses dan memeriksa nakhoda kapal Wheng Zhiye dan 21 ABK," kata Mubarak kepada Kompas.com, Sabtu (2/12/2017).

Baca juga : Masuk Wilayah NTT, Kapal Ikan Berbendera China Diamankan

Mubarak mengatakan, 21 ABK itu berasal dari sejumlah negara, enam orang berasal dari Indonesia, tiga orang Myanmar, tiga orang Vietnam, dan sisanya China.

"Mereka kami amankan Kamis (30/11/2017) kemarin," kata Mubarak.

Kompas TV Perusahaan galangan kapal milik PT. Daya Radar Utama di Kawasan Panjang, Bandar Lampung sudah berdiri sejak tahun 1972.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com