Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Sukoharjo: Soal Bakal Cagub Jateng Itu Kewenangan Megawati

Kompas.com - 02/12/2017, 08:58 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Salah satu bakal calon gubernur Jawa Tengah, Wardoyo Wijaya, mengaku sampai saat ini belum mengetahui kepastian rekomendasi calon yang diusung PDI-P dalam Pilgub Jateng 2018. 

Bupati Sukoharjo dua periode itu menyebut kewenangan mutlak untuk penentuan cagub dan cawagub Pilkada Jateng berada di tangan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. 

"Karena semuanya kewenangan mutlak ada di Ibu Megawati. Pasti Ibu tentunya ingin mencari kader yang terbaik membesarkan PDI-P di Jawa Tengah," ujar Wardoyo di Pabelan, Kabupaten Sukoharjo, Jumat (1/12/2017) siang. 

Wardoyo pun tidak mengetahui peluangnya memperoleh rekomendasi sebagai cagub atau sebaliknya. Namun, pada saat pembukaan pendaftaran bakal calon, dia turut mendaftarkan diri. 

"Peluangnya seperti apa, saya tidak tahu. Saya tidak pernah berpikir peluangnya. Hanya saat pendaftaran kami mendaftar," kata Wardoyo.

Baca juga: Didukung Nahdliyin, Marwan Jafar Kandidat Terkuat PKB di Pilkada Jateng

Adapun sinyalemen tentang rekomendasi, Wardoyo mengaku belum mendapatkan tanda apa pun. Namun, dia siap bila mendapatkan amanah ataupun tidak. 

"Belum ada sinyal apa-apa. Saya ini hanya taat partai. Kalau perintah partai, saya berangkat. Tetapi kalau tidak, saya tetap orang PDI-P," jelas Wardoyo.

Dia mengakui sudah turut mendaftar bacagub di PDI-P beberapa waktu lalu di DPD PDI-P Jateng. Dia pun selaku kader taat apa pun yang menjadi keputusan partai. 

Wardoyo mengatakan, bisa jadi dalam waktu dekat rekomendasi dari DPP untuk calon gubernur dan calon wakil gubernur yang diusung akan disampaikan. Sebab, sebulan lagi rangkaian tahap Pilgub Jateng sudah dimulai. 

Kompas TV Pilgub 2018 Jatim dan Jabar mulai ramai dukungan partai-partai
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com