Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk Tak Surutkan Antusiasme Warga Berlibur ke Sabang

Kompas.com - 02/12/2017, 05:42 WIB
Daspriani Y Zamzami

Penulis

SABANG, KOMPAS.com – Gelombang tinggi pada jalur pelayaran Pelabuhan Ulhe Lheu-Balohan Sabang tidak menyurutkan antusiasme warga untuk menghabiskan libur panjang akhir pekan di Kota Sabang. Selain mengunjungi perhelatan Sail Sabang, warga juga berlibur menikmati wisata bahari di Kota Sabang.

Kapten kapal feri KMP BRR, Muhammad Nur, mengatakan saat ini jadwal pelayaran menuju Sabang bertambah, dari dua menjadi empat kali dalam satu hari.

“Penambahan ini dilakukan memang karena ada event Sail Sabang. Tetapi, pelayaran tetap kami lakukan sesuai cuaca,” ujar Nur, Jumat (1/12/2017).

Pelayaran akan dilakukan jika gelombang dapat dilewati. Sejauh ini, kata dia, pelayaran belum menemui kendala berarti. Ada tiga kapal roro yang melayani pelayaran Banda Aceh-Sabang yaitu KMP Papyu, KMP BRR, dan KMP Belanak.

Baca juga : Presiden Jokowi Batal Hadir di Sail Sabang 2017

"Penambahan kapal roro ini dilakukan untuk meramaikan event Sail Sabang 2017," kata Nur.

Peserta pawai berpakaian adat dari sejumlah daerah mengikuti Kirab Kota dan Pawai Budaya Sail Sabang di Sabang, Aceh, Rabu (29/11/2017). Pawai yang melibatkan sekitar 1.200 peserta tersebut menampilkan sejumlah atraksi budaya, drum band dan kesenian.ANTARA FOTO/ZABUR KARURU Peserta pawai berpakaian adat dari sejumlah daerah mengikuti Kirab Kota dan Pawai Budaya Sail Sabang di Sabang, Aceh, Rabu (29/11/2017). Pawai yang melibatkan sekitar 1.200 peserta tersebut menampilkan sejumlah atraksi budaya, drum band dan kesenian.
Faqih (30), wisatawan asal Jawa Barat mengaku ingin menghabiskan libur panjang akhir pekan di Sabang. Selain ingin menyaksikan event Sail Sabang, ia juga ingin menikmati wisata bahari Sabang.

Baca juga : Lewat Sail Sabang, Luhut Akan Perkenalkan Wisata Maritim Indonesia

“Saya baru pertama kali berkunjung ke Sabang. Kebetulan ini libur panjang akhir pekan jadi saya memanfaatkan kesempatan ini, meski cuaca agak sedikit buruk,” ujar Faqih.

Sail Sabang merupakan acara sail yang kesembilan digelar di Indonesia. Sail Sabang 2017 diselenggarakan pada 28 November - 5 Desember 2017. Sedianya, Presiden Joko Widodo akan menghadiri acara puncak Sail Sabang. Namun, Jokowi batal hadir dan diwakilkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Kompas TV Puluhan “Yacht” Meriahkan Sabang Marine Festival
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com