Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 WNI Tewas dalam Kebakaran Rumah di Kedah Malaysia

Kompas.com - 28/11/2017, 18:24 WIB

KOMPAS.com - Lima warga negara Indonesia tewas dalam kebakaran empat buah rumah di Kampung Sungai Gelugor, Taman Petani Jaya, Sungai Petani, Kedah, Malaysia, Selasa (28/11/2017) sekitar pukul 03.30 waktu setempat.

Dikutip dari Utusan Malaysia, api berkobar cepat sehingga para tetangga yang menjadi saksi tidak mampu menyelamatkan korban.

Tragedi tersebut turut mengakibatkan seorang korban terbakar 70 persen. Korban lalu dibawa ke Hospital Sultan Abdul Halim (HSAH) untuk dirawat. Sementara itu, lebih dari 20 penghuni berhasil menyelamatkan diri.

Lima korban yang tewas adalah pasangan Mat Holil Tubat (40) dan istrinya, Ume (30), serta kenalan mereka yaitu dua lelaki, Habi (30) dan Misbah Hul Anwar (19), serta seorang perempuan bernama Tabiyah (40).

Sementara itu, korban yang terbakar dikenali sebagai Samsul (40) yang merupakan suami kepada Tabiyah.

Pasangan suami isteri, Samsul dan Tabiyah, bersama seorang anak lelaki mereka, Hassan (17), yang selamat dalam kejadian itu rencananya akan pulang ke Indonesia, Rabu pada pukul 15.00.

Tetangga korban, Jamil Tikan (60), mengatakan, ketika kejadian, dia sedang bersiap-siap untuk menunaikan shalat sunah sebelum terdengar bunyi bising di luar rumah.

"Saya terus keluar dan nampak rumah tetangga yang terletak bersebelahan terbakar dengan hebat dan mendengar jeritan meminta tolong dari penghuni rumah itu. Saya berlari mengelilingi rumah tetangga, tetapi tidak tahu lokasi korban berada dan hanya terdengar mereka menjerit 'Jamil tolong, Jamil tolong, aku ada di sini'," katanya.

Saksi lainnya, Mohd. Jamil Subeh (22), berkata, dia dan beberapa tetangga lain berhasil menyelamatkan seorang korban yang dikenali sebagai Samsul dengan membobol dinding rumah.

Sementara itu, Pengarah Jabatan Bomba dan Penyelamat (PMK) Malaysia Kedah, Penolong Kanan Pesuruhjaya Bomba Abdul Razak Muda berkata, pihaknya menerima panggilan berhubung kejadian pada pukul 4.11 dini hari.

"Kebakaran melibatkan empat rumah yang mana satu mayat hangus ditemukan di hadapan pintu rumah dan di dalam bilik depan tiga orang dan di bilik belakang manakala seorang korban terbakar 70 persen," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com