Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menari Manortor, Ini Ekspresi Kahiyang

Kompas.com - 21/11/2017, 18:45 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Resmi menyandang nama Kahiyang Ayu Siregar dan melewati seluruh rangkaian adat Mangalehan Marga, Kahiyang wajib menari Manortor sebelum pulang ke rumah mertuanya di Perumahan Bukit Hijau Regency (BHR).

Manortor merupakan tarian khas Mandailing. Mengenakan kebaya warna baby pink dan kain songket warna senada, Kahiyang manortor bersama para boru Siregar tanpa didampingi suaminya, Bobby Nasution. 

Salah satu tokoh adat yang hadir, Chairuman Harahap mengatakan, tidak ikutnya Bobby manortor bersama istrinya karena keduanya belum melakukan acara adat sebagai suami istri.

"Pesta adat Kahiyang dan Bobby baru akan dilaksanakan pada 24 dan 25 November nanti. Itu makanya Bobby tidak mendampingi istrinya Manortor," kata Chairuman, Selasa (21/11/2017).

(Baca juga : Jalani Acara Pemberian Marga, Kahiyang Sah Jadi Boru Siregar)

Manortor, usai resmi menyandang nama Kahiyang Ayu Siregar.KOMPAS.com/Mei Leandha Manortor, usai resmi menyandang nama Kahiyang Ayu Siregar.
Manortor yang dilakukan Kahiyang, kata dia, bermakna ungkapan rasa syukur karena telah menjadi keluarga besar Siregar. Selain itu, untuk melepas Kahiyang sebagai anak perempuan Siregar pergi ke rumah mertuanya.

"Dia menari dengan teman-teman masa kecilnya, sebelum dilepas ke rumah mertuanya," katanya lagi.

Usai manortor, Kahiyang dan Bobby kemudian dilepas keluarga Doli Siregar yang kini menjadi orangtua Kahiyang.

Saat keluar dari rumah Doli, Kahiyang mengenakan bulang (topi untuk pengantin khas Mandailing) sambil membawa paropa atau bekal untuk dibawa ke rumah mertuanya.

Kompas TV Mobil golf bermotif ulos Tapanuli yang akan menjadi kendaraan yang mengangkut Presiden Joko Widodo dan istrinya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com