Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16 Penumpang Lion Air yang Mengamuk di Bandara Akan Diterbangkan Hari Ini

Kompas.com - 21/11/2017, 10:10 WIB
Hadi Maulana

Penulis

BATAM, KOMPAS.com — Belasan penumpang Lion Air asal Pekanbaru, Riau, dengan tujuan Palembang, yang mengamuk di Bandara Hang Nadim, Batam, saat transit karena tidak kunjung diberangkatkan, Senin (20/11/2017), akan diterbangkan, Selasa (21/11/2017) pagi ini.

"Cuma kapan berangkatnya saya juga tidak tahu pasti, yang jelas pengakuan dari pihak Lion Air akan diberangkatkan pagi ini juga," kata GM Operasional Bandara Hang Nadim Batam Suwarso, Selasa.

Hanya saja, lanjut Suwarso, belasan penumpang tersebut tidak langsung ke Palembang, tetapi transit di Medan. Setelah itu, baru menuju Palembang.

"Kalau mereka langsung ke Medan, jadwalnya siang. Makanya dialihkan dengan tujuan Medan kemudian dilanjutkan ke Palembang," katanya.

Atas kejadian ini, Suwarso juga mengaku kecewa dengan pihak maskapai Lion Air yang tidak mau terbuka dengan pihak media.

"Saya tadi juga marahi mereka, kenapa tidak merespons rekan media yang mengonfirmasi hal  tersebut agar beritanya tidak simpang siur," kata Suwarso.

Baca juga: Ditelantarkan, Penumpang Lion Air dari Pekanbaru Mengamuk di Batam

Disinggung mengenai belasan penumpang tidur di Bandara, Suwarso mengaku itu atas keinginan penumpang sendiri.

"Pihak Lion Air sudah menawarkan tidur di hotel, mungkin karena penumpang berharap bisa diterbangkan malam itu juga, makanya mereka memilih bertahan di bandara. Namun, akhirnya pagi ini mereka bisa diterbangkan ke Palembang," ujar Suwarso.

Sayangnya sampai saat ini tidak satu pun pihak Lion Air Batam yang bisa dikonfirmasi. Bahkan, juru bicara Lion Air pusat, Eko, yang dikonfirmasi enggan memberikan pernyataan.

"Maaf, ya, Mas, saya sedang sibuk. Saya lagi ada kerjaan yang tidak bisa saya tinggalkan, Mas, bisa mengerti, kan," katanya seraya menutup sambungan telepon.

Sebelumnya, para penumpang asal Pekanbaru ini berang karena merasa dibohongi pihak maskapai Lion Air.

Menurut Dwi, salah satu penumpang, ada 16 penumpang dari Pekanbaru yang telantar di Bandara Hang Nadim.

Dia menjelaskan bahwa sejak awal keberangkatan dari Pekanbaru, mereka sudah kecewa. Sebab, seharusnya mereka terbang dari Pekanbaru pukul 15.10, tetapi penerbangan JT 238 beberapa kali mengalami delay (penundaan).

Baca juga: Viral, Penumpang Lion Air Tolak Turun dari Pesawat meski Batal Terbang

Kemudian, pada pukul 18.30 pesawat baru bisa terbang dan sampai di Batam pukul 19.10. Dia menjelaskan bahwa 16 penumpang ini rencananya terbang ke Palembang.

Namun, setelah sampai di Batam, pihak Lion Air menyatakan bahwa pesawat Lion Air JT 247 telah berangkat ke Palembang.

Hingga akhirnya 16 penumpang tersebut tidur di Bandara Hang Nadim, Batam.

Kompas TV Ratusan calon penumpang maskapai Lion Air bersitegang dengan petugas bandara dan petugas customer service.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com