Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solo Bakal Ramai Saat "Long Weekend" 1-3 Desember, Waspadai 6 Titik Kemacetan

Kompas.com - 18/11/2017, 15:22 WIB
Labib Zamani

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Arus lalu lintas saat libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 1 Desember 2017 diprediksi ramai karena akan terbentuk long weekend tanggal 1-3  Desember 2017.

 

Warga dan pengunjung diminta mewaspadai sejumlah ruas jalan di Solo yang rawan kemacetan pada saat libur panjang, seperti enam kawasan ini, yaitu kawasan Bundaran Purwosari, Jalan Slamet Riyadi Kerten, Jalan Dr Moewardi pertigaan Hotel Agas, kawasan Coyudan, Singosaren dan Pasar Klewer.

Untuk mengatasi kemacetan, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Solo, Jawa Tengah pun sudah menyiapkan sejumlah strategi.

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Imam Syafii, mengatakan, kemacetan lalu lintas akan terjadi di titik kawasan wisata dan pusat bisnis sehingga lebih dari 100 personel akan diterjunkan di beberapa titik untuk mengurai kemacetan.

"Ada 145 personel Satlantas kita terjunkan di sejumlah ruas jalan rawan macet selama libur panjang. Nanti juga akan dibantu dari Polresta," kata Imam kepada Kompas.com ketika ditemui di Kompleks Stadion Manahan Solo, Sabtu (18/11/2017).

Para personel yang bertugas akan dibagi menjadi dua sif, yakni pagi dan siang. Sif pagi akan dimulai pukul 07.00-14.00 WIB. Sedang sif siang dimulai pukul 14.00-22.00 WIB. Dari pengalaman libur panjang tahun lalu, ungkap Imam, kepadatan kendaraan terjadi di Bundaran Purwosari.

"Kami antisipasi jalan masuk di Jalan Ahmad Yani kita upayakan kendaraan tidak memotong dari Jalan Ahmad Yani ke Jalan Slamet Riyadi. Supaya sampai ke traffic light dahulu baru belok ke kiri ke arah Jalan Slamet Riyadi," ungkapnya.

"Kami nanti akan melibatkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo selama pengaturan lalin libur panjang," tambahnya.

Kapolresta Solo, AKBP Ribut Hari Wibowo, menambahkan, akan memperketat pengamanan di kawasan tertentu, seperti pusat perbelanjaan dan kawasan wisata.

"Kami akan perketat pengamanan di tempat wisata dan pusat perbelanjaan," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com