Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partai Golkar Bakal Ikat Ridwan Kamil Jadi Kader sebelum Daftar ke KPU

Kompas.com - 10/11/2017, 16:17 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Ketua Bidang Pemenangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, Yahya Zaini mengatakan, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Emil secepatnya akan direkrut sebagai kader Partai Golkar sebelum resmi terdaftar di Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Jawa Barat 2018. 

"Kita akan proses sebelum pendaftaran karena beliau secara ekspresif mau menjadi kader Partai Golkar tanpa kita minta," ujar Yahya saat dihubungi melalui ponselnya, Jumat (10/1/2017).

Lebih lanjut Yahya menambahkan, pernyataan Emil untuk menjadi kader serta memenangkan Golkar di Pilkada Jawa Barat 2018 sangat diharapkan oleh partai yang dipimpin oleh Setya Novanto tersebut. 

"Pernyataan beliau tidak kita duga sebelumnya dan Kang Emil punya chemistry dengan perjuangan Partai Golkar," jelasnya.

Disinggung soal posisi bakal calon wakil gubernur, Yahya mengatakan DPP Partai Golkar bakal tetap mengusung Daniel Muttaqien di Pilkada Jawa Barat meski nantinya Emil sudah menjadi kader Partai Golkar.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Yahya mengatakan pihaknya siap untuk melobi partai-partai koalisi, yakni Partai Nasdem, PKB dan PPP. 

Baca juga : PPP Sebut Uu Lebih Pantas Dampingi Ridwan Kamil daripada Daniel Muttaqien

"Kita tetap akan mengusung Daniel Muttaqien karena keduanya ideal untuk memenangkan pilgub. Kita harap partai koalisi bisa menerima pasangan ini," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar menyambut positif niat wali kota Bandung sekaligus bakal calon gubernur Jabar, Ridwan Kamil yang menyatakan ingin bergabung menjadi kader partai berlambang pohon beringin tersebut. 

Baca juga : Yahya Zaini: Ridwan Kamil Ingin Jadi Kader Golkar

Ketua Bidang Pemenangan DPP Partai Golkar, Yahya Zaini mengatakan, pernyataan Ridwan Kamil terucap saat menyampaikan sambutan pada saat menerima surat keputusan (SK) dukungan di Kantor DPP Partai Golkar di Jakarta, Kamis (9/11/2017). 

"Saya kira pernyataan Kang Emil  kita lihat ekspresif keluar dari nurani beliau. Beliau mengatakan siap berlabuh di Partai Golkar dan tolong diterima," kata Yahya saat dihubungi melalui ponselnya, Jumat.

Kompas TV Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto Hari ini (9/11) menyerahkan surat keputusan dukungan pada Ridwan Kamil sebagai Cagub Jawa Barat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com