Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koalisi Belum Berpihak, Ridwan Kamil Serahkan pada Takdir

Kompas.com - 07/09/2017, 15:51 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Dinamika politik di Pilkada Jawa Barat belum berpihak kepada Ridwan Kamil. Hal itu terkait dengan adanya wacana pembentukan poros baru dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat.

Menyikapi hal itu, Ridwan Kamil mengaku tak khawatir. Ia masih tetap berpegang teguh bahwa dinamika politik akan terus bergulir sebelum ada hitam putih.

"Enggak khawatir. Saya percaya takdir tuhan," ucap Emil, sapaan akrabnya, saat ditemui di Hotel El Royale, Jalan Merdeka, Kamis (7/9/2017).

Emil pun tak mempermasalahkan soal terus berkembangnya aktivitas politik tentang wacana pembentukan poros baru. Sebab, kata Emil, koalisi menjadi cara untuk menyatukan persepsi politik setiap partai dalam mengusung calon gubernur.

Baca juga: PKB Dukung Ridwan Kamil, PPP Ingin Poros Baru Bersama Demokrat-PAN

"Politik itu kan adalah teori kemungkinan. Kalau cocok dan mungkin silakan melakukan porosisasi-porosisasi seperti itu. Hanya kalau urusan Pilgub itu bisa calonnya baru bikin koalisi, atau koalisi dulu baru cari calon. Kalau ini ternyata bikin koalisi dulu baru mengusung calon saya kira tidak masalah, yang penting cocok," kata Emil.

Emil mengatakan, sejauh ini baru Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang mulai memberi sinyal dukungan. Keputusan final PKB, kata Emil, akan diumukan dalam waktu dekat.

"(Dengan PKB) minggu ini finalisasi. Mungkin besok lusa ada breakingnews-nya," jelasnya.

Baca juga: Nasdem Klaim PKB dan PPP Hampir Pasti Dukung Ridwan Kamil

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com