Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam 4 Hari, Ridwan Kamil dan Warganet Kumpulkan Rp 1,1 Miliar untuk Rohingya

Kompas.com - 07/09/2017, 11:44 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil membuka aksi galang dana bagi korban kemanusiaan etnis Rohingya lewat platform donasi online Kitabisa.com. Aksi galang dana mulai dibuka pada Senin (5/9/2017) lalu.

Ridwan menargetkan dana yang terkumpul sebesar Rp 1 miliar dalam 25 hari. Namun baru empat hari berjalan, dana yang sudah terkumpul mencapai Rp 1,1 miliar hasil sumbangan  6.000 warga.

Dalam deskripsi di laman Kitabisa.com, pria yang akrab disapa Emil itu membeberkan alasannya membuka pintu sumbangan untuk Rohingya.

"Saat ini timeline sosial media kita tentunya dipenuhi foto-foto tragedi kemanusiaan di Rohingya. Saudara-saudara kita di Rohingya kehilangan rumah, terjebak konflik, dan bingung entah harus ke mana. Salah satu bentuk syukur kita untuk Indonesia yang aman adalah membantu saudara kita yang belum merasakannya, termasuk saudara-saudara kita di Rohingya," tulis Emil.

Baca juga: Ridwan Kamil Ajak Warga Bandung Patungan untuk Korban Rohingya

Melihat kondisi etnis Rohingya yang kian memprihatinkan, Emil pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk sedikit meringankan beban mereka dengan cara berdonasi semampunya.

"Kita akan terus melakukannya sampai mereka kembali punya rumah dan hidup aman seperti kita. Anak-anak Rohingya saat menerima bantuan dari Indonesia. Saya ingin mengajak seluruh warganet Indonesia untuk menunjukkan solidaritas kita atas nama kemanusiaan. Atas nama kemanusiaan, mari kita sisihkan sebagian rizki kita untuk membantu mereka. Ayo ikut membantu, donasi kamu akan tercatat transparan di halaman ini," tulis Emil.

Hasil galang dana nantinya akan didistribusikan oleh tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang sejak tahun 2012 telah menyalurkan bantuan untuk warga Rohingya dengan berbagai cara, seperti mendirikan ratusan shelter, memberi bantuan pangan dan medis ke tempat pengungsian. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com