Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Setetes Air di Sungai Keruh yang Telah Mengering 

Kompas.com - 03/09/2017, 17:52 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho

Penulis

GROBOGAN, KOMPAS.com - Warga Desa Cekel, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, menggali tanah di dasar sungai setempat yang telah mengering.

Tanah dilubangi selayaknya sumur dengan kedalaman sekitar satu meter dan diameter kurang lebih satu meter.

Mereka bertaruh nasib mencari sumber air bersih yang kemungkinan masih tersisa di dalam tanah sungai yang telah menjadi daratan.

Dari liang sebesar tong sampah itu perlahan digenangi air. Air kemudian diciduk menggunakan gayung untuk kemudian diisikan ke dalam jeriken dan gentong.

Untuk memenuhi satu jeriken kemasan 40 liter dbutuhkan waktu paling cepat 10 menit.

Di alur sungai yang gersang itu, sementara baru ada satu petak spot yang dimanfaatkan warga untuk berburu sumber air dari resapan tampungan air sungai. Biasanya spot akan berpindah-pindah menyesuaikan kondisi, namun masih tetap di alur sungai Desa Cekel.

Baca juga: 11 Kabupaten di NTT Mengalami Kekeringan

Ada sepuluh lubang yang masing-masing dikaryakan oleh hampir 100 persen warga sekampung untuk bergiliran. Meski airnya keruh, tidak ada pilihan lain, warga tidak mempersoalkannya.

Media penampung air yang sudah terisi, satu per satu diangkut menuju rumah menggunakan motor, dan ada juga yang digendong. Minimal jaraknya ke rumah warga hampir satu kilometer.

Musim kemarau panjang adalah proses perubahan iklim yang berujung mimpi buruk bagi warga Desa Cekel. Sumur-sumur andalan menjadi kering karena tak ada pasokan air, begitu juga debit air sungai menyusut hingga tandus.

Selama ini, warga Desa Cekel mengandalkan sumur "tadah hujan" guna memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Air bersih yang didistribusikan oleh PDAM setempat tak menjangkau wilayah ini lantaran berlokasi terpencil.

Dari Kota Purwodadi menuju Desa Cekel, perjalanan bisa ditempuh sekitar 1,5 jam. Akses infrastruktur jalan cukup memadai dilintasi kendaraan. Saat musim penghujan, kebutuhan air tercukupi, namun ketika memasuki musim panas, warga mulai dirundung gelisah.

"Setiap tahun saat kemarau hal inilah yang pasti kami lakukan. Menggali tanah sungai yang kering mencari sisa-sisa air. Mau bagaimana lagi, sumur juga sudah tak diisi hujan," kata Suwarti (65), warga Desa Cekel kepada Kompas.com, Minggu (3/9/2017).

Dalam sehari, Suwarti yang hidup sebatang kara itu harus bolak-balik dua kali berjalan kaki dari lokasi pengambilan air ke rumahnya yang jaraknya mencapai 2 kilometer. Suwarti baru berhenti untuk beristirahat setelah empat gentong yang digendongnya terisi penuh.

"Saya sudah terbiasa seperti ini sejak kecil. Airnya untuk MCK (mandi, cuci, kakus). Saya hanya berharap pemerintah bisa memudahkan kami dalam mendapatkan air bersih," tutur Suwarti.

Kepala Desa Cekel, Sukamto, menjelaskan, kekeringan telah melanda desanya selama empat bulan sejak awal Mei lalu. Dari 1.100 kepala keluarga atau sekitar 3.500 jiwa warganya, nyata telah merasakan dampak buruk imbas dari musim kemarau.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com