Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Idul Adha, Kambing Kalibening Laris Manis di Jakarta

Kompas.com - 30/08/2017, 16:18 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Mendekati Idul Adha, ratusan kambing jenis Jawa dari Kecamatan Kalibening, Banjarnegara, Jawa Tengah laris manis diborong para pedagang hewan kurban di Jakarta dan kota besar lainnya.

Seorang pedagang kambing asal Kalibening, Kusmono mengatakan, sejak dua minggu lalu, sekitar 200 ekor kambing dikirim ke Jakarta. Bahkan, mendekati hari-H, penjual di Jakarta sudah meminta stok 100 kambing tambahan.

Kambing dari Kalibening atau daerah utara Banjarnegara memang diminati karena kulitnya mengkilap, bersih, serta bobotnya bagus walau tampak kecil,” ujarnya, Rabu (30/8/2017).

Kambing tersebut, sambung Kusmono, dijual dengan harga Rp 2 juta-2,5 juta per ekor. Namun di Jakarta, kambing Kalibening dijual seharga Rp 3 juta per ekor.

(Baca juga: Idul Adha Buat Variasi Masakan Kambing Tanpa Santan, Memang Bisa?)

 

Saptono, pedagang hewan kurban asal Bekasi mengatakan, setiap Idul Adha selalu belanja kambing di wilayah Kalibening dan sekitarnya. “Untuk tahun ini, ketersediaan kambing di Kalibening sudah melimpah, jadi saya tidak lagi ke kecamatan yang lain,” tutupnya.

Kompas TV Menjelang perayaan Idul Adha atau hari raya kurban ini, ternyata membawa berkah tersendiri bagi jasa salon kecantikan hewan kurban.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com