Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Saksofon Pastor Iringi Habib Menyanyi Lagu Cinta Tanah Air

Kompas.com - 16/08/2017, 09:10 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Kisah persahabatan Romo Aloys Budi Purnomo, Pr dan Habib Luthfi Bin Yahya adalah salah satu penggalan kecil yang terselip dari kegiatan akbar "Tausiyah Kebangsaan" yang digelar Kodam IV/Diponegoro dan masyarakat Kota Semarang, di Bundaran Tugu Muda Semarang, Senin (14/8/2017) malam.

Persahabatan antara Ketua Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung dengan Mustasyar PBNU ini tidak hanya didasari oleh visi yang sama terhadap Kebhinekaan dan Ke-Indonesiaan, tetapi juga oleh hobi yang sama.

Kedua pemimpin agama yang berbeda ini sama-sama hobi bermusik. Habib Luthfi piawai memainkan keyboard, menciptakan lagu, dan menyanyi. Banyak lagu ciptaan Habub Luthfi yang easy listening di kalangan Nahdliyin. Sementara Romo Budi, dalam setiap kesempatan tak pernah lepas dari baby saxophone-nya.

Tentang kepiawaian Romo Budi memainkan saksofon, Habib Luthfi sempat menyampaikan pujian secara terbuka saat memberikan tausiyahnya dalam acara tersebut.

"Ini sahabat lama saya, sama-sama seneng musiknya sama, dan saksofonnya itu yang selalu mengalun luar biasa improvisasinya yang top luar biasa," kata Habib Luthfi.

Baca juga: Ketika Seorang Pastor Memeluk Habib...

Benar saja, saat Habib Luthfi melantunkan salah satu lagu gubahannya "Syi'ir Padang Bulan" seusai tausyiahnya, Romo Budi pun meniup baby saxophone-nya secara spontan. Sementara puluhan ribu orang yang hadir ikut menyanyi.

Mulanya Pastor Pembantu Paroki Ungaran ini meniup saksofon sambil duduk, lalu berlutut dan kemudian bangkit berdiri.

Habib Luthfi pun menyambung tembang "Syi'ir Padang Bulan" tanpa putus dengan lagu "Cinta Tanah Air".

Seluruh orang yang hadir termasuk Panglima TNI Jenderal Gatot Normantyo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono ikut menyanyi hingga terdengar kian gemuruh.

Habib Luthfi kian bersemangat pula. Sementara itu Romo Budi masuk dengan alunan saksofonnya yang melengking, mengiringi lagu "Cinta Tanah Air" karya Habib Lutfi kian membahana di Bundaran Tugu Muda.

Baca juga: Kala Pastor Katolik Sungkem di Hadapan Ibu Sahabat Muslimnya

Keakraban keduanya pun kembali terlihat setelah acara tausiyah kebangsaan usai. Bertempat di Museum Mandala Bhakti di kawasan Tugu Muda, sesudah menikmati nasi kebuli, keduanya menggelar "konser" musik bareng.

Habib Lutfi memainkan keyboard, sedangkan Romo Budi meniup saksofon. Sebuah pemandangan yang menghadirkan persahabatan dua figur tokoh agama dan budaya tanpa basa-basi dengan segala keindahannya.

Kompas TV Obama Kagum akan Kebhinekaan dan Warisan Budaya Indonesia
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com