Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Jadikan Rivalitas Tanpa Kriminalitas

Kompas.com - 31/07/2017, 17:22 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengapresiasi itikad baik dari suporter Persib Bandung (Bobotoh) dan suporter Persija Jakarta (Jakmania) yang punya niat mengakhiri sejarah perseteruan panjang.

Hal itu dikatakan Ridwan menyikapi munculnya sejumlah deklarasi damai antar kedua suporter di batas wilayah Bandung-Jakarta.

Sebelumnya, aksi damai sudah dilakukan oleh Bobotoh dan Jakmania dibeberapa 'zona merah' seperti Bogor, Bekasi, dan Purwakarta.

"Ya bagus, saya apresiasi. Tangerang saya dapet masukan, daerah Depok, Bogor, Karawang, Bekasi itu memang di mana ruang transisi bisa setengah-setengah antara The Jak dan Bobotoh," ujar Emil, sapaan akrabnya di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Senin (31/7/2017).

Baca juga: Ridwan Kamil Bakal Jamu Jakmania di Pendopo

Emil menuturkan, kampanye aksi damai tersebut tak lepas dari peran sosial media. Menurut dia, mayoritas suporter sepak bola di Indonesia menggunakan sosial media sebagai rujukan mencari informasi.

"Media sosial berpengaruh karena generasi milineal yang mendominasi suporter bola mengonsumsi berita via medsos," ucapnya.

"Tapi apapun itu, yang penting membawa semangat bahwa sepak bola tentang fairplay, persatuan, jadikan rivalitas tanpa kriminalitas," tambah dia.

Kompas TV Pengurus Viking Persib Klub Imbau Bobotoh Tertib
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com