Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar di Tenda Darurat, Lima Siswa SMAN 30 Garut Pingsan

Kompas.com - 24/07/2017, 16:30 WIB
Ari Maulana Karang

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Diduga karena kepanasan saat belajar di dalam tenda darurat, lima siswa SMAN 30 Garut, di Kecamatan Cihurip, pingsan saat mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM), Senin (24/7/2017).

Deni Sahay, salah seorang guru SMAN 30 Garut mengatakan, kelima siswa yang pingsan adalah tiga orang dari kelas X, dan dua orang dari kelas XI. Kejadian ini sempat membuat KBM terganggu, namun setelah itu berjalan normal seperti biasa.

"Saya khawatir dengan kondisi siswa jika sampai berlama-lama belajar di dalam tenda darurat yang panas," ujarnya, Senin (24/7/2017).

Setiap hari, sambung Deni, para siswa belajar di sekolah dengan tenda darurat sebagai ruang kelas sampai pukul 14.45 WIB. Memasuki siang hari, biasanya cuaca panas terasa hingga ke dalam tenda. Hal ini sangat mengganggu konsentrasi siswa saat belajar. 

(Baca juga: Hari Pertama Sekolah, Siswa SMAN 30 Garut Demo Tagih Janji Gubernur Jabar)

Siswa SMAN 30 Garut, sudah empat bulan ini belajar di tenda darurat. Sebanyak tiga ruang kelas yang mereka gunakan hancur disapu angin puting beliung. Mereka sempat berunjuk rasa menuntut perbaikan sekolah di hari pertama masuk sekolah.

Dalam aksinya, mereka menagih janji Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Heryawan berjanji akan membangun sekolah mereka yang rusak akibat bencana alam.

Saat ini, KBM lima rombongan belajar di SMAN 30 Garut dilakukan di dua tenda darurat bantuan BPBD Provinsi Jawa Barat. Selain belajar di tenda darurat, sebagian siswa belajar di di ruangan guru yang selamat dari sapuan angin puting beliung. 

Kompas TV Sekolah Rusak Akibat Gempa, Siswa Belajar di Tenda Darurat
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com