Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei Sebut Namanya di Bawah Ridwan Kamil, Ini Komentar Dedy Mizwar

Kompas.com - 16/07/2017, 15:36 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menanggapi santai soal elektabilitas Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang menurut survei masih unggul di atasnya.

Deddy yang akan maju di Pilkada Jawa Barat 2018 ini  menilai, sah-sah saja hasil rilis yang dilakukan lembaga survei.

"Ya enggak apa-apa, siapapun boleh survei bahkan kadang nomor 2, kadang nomor 3, kadang-kadang saya nomor 1, macam-macam survei itu. Siapa saja boleh survei," kata Deddy, saat ditemui di acara halal bihalal Partai Keadilan Sejahtera di DPP PKS, Jakarta Selatan, Minggu (16/7/2017).

Deddy memandang, semua calon yang maju di Pilkada Jabar 2018 punya potensi yang sama untuk terpilih.

"Semuanya punya kesempatan, punya peluang. Kita enggak tahu kalau ada perubahan politik seperti apa dari hari ke hari. Yang penting kerjakan dengan cara yang baik saja sehingga betul-betul kondusif suasananya," ujar dia.

Baca juga: Deddy Mizwar Tanggapi Hasil Pemilihan Raya PKS Jabar

Deddy mengatakan, dirinya terus menjalin komunikasi politik dengan partai politik. Namun, belum terpolarisasi bagaimana bentuk koalisinya.

Sejauh ini menurut dia, ada enam partai politik yang melakukan pendekatan. Dia mengaku, belum melakukan apa-apa untuk persiapan Pilkada Jabar. Termasuk menyiapkan siapa calon wakilnya.

Namun, Deddy menyebut, pada tanggal 23 Juli 2017 ini akan ada deklarasi dukungan baginya dari suatu komunitas di Jawa Barat.

"Komunitas di Jawa Barat enggak bisa ditahan mau deklarasi saya, ya sudah," ujar Deddy.

Sementara komunikasi dengan sejumlah partai menurut dia terus dilakukan. Ada enam partai yang melakukan komunikasi kepada Deddy.

"Sekarang sudah enam yang udah berkomunikasi, PKS, Gerindra, PAN, PKB, PPP, dan Demokrat," ujar Deddy.

Sebelumnya, Ridwan Kamil unggul dalam survei tentang Pilkada Jawa Barat 2018 yang dilaksanakan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

"Dalam pertanyaan top of mind, jawaban yang paling banyak dipilih adalah Ridwan Kamil," ujar Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam konferensi pers di kantornya, Kamis (13/7/2017).

Dalam pertanyaan terbuka, yakni "seandainya pilkada Jabar dilakukan hari ini, siapa sosok yang akan dipilih?" sebanyak 13,1 persen responden memilih nama Wali Kota Bandung tersebut.

Sementara itu, 3,4 persen responden memilih Wali Kota Purwakarta Dedi Mulyadi. Adapun sosok selanjutnya yang dipilih responden berturut-turut adalah Deddy Mizwar dengan 2,3 persen, Ahmad Heryawan dengan 1,7 persen, Uu Ruzhanul Ulum dengan 1,3 persen, dan Abdullah Gymnastiar atau Aa gym dengan 1,1 persen.

Baca juga: Survei SMRC: Ridwan Kamil Kalahkan Deddy Mizwar

Kompas TV Survei Elektabilitas Jelang Pilkada Jabar 2018

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com