Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Orangutan Dilepasliarkan di Hutan Kehje Sewen Kaltim

Kompas.com - 12/07/2017, 17:28 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) Samboja Lestari, kembali melepasliarkan tujuh orangutan ke Hutan Kehje Sewen, Kutai Timur (Kutim), Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (12/7/2017).

Ketujuh orangutan tersebut adalah Kumar, Abel, Alejandro, Belinda, Ical, Imut dan Mauren.

CEO BOS Jamartin Sihite mengatakan, tujuh orangutan tersebut sudah siap dilepasliarkan karena telah melewati tahapan sekolah alam 1 dan 2. Mereka bahkan telah magang di pulau kecil pra pelepasliaran.

“Orangutan tempatnya di mana kalau bukan di hutan. Semua kita lepasliarkan, hutan milik mereka. Ditanya sukses apa tidak, tentu sukses karena mereka sudah sekolah alam dan mereka sudah magang di hutan buatan yang disebut pulau di Samboja,” kata Martin, Rabu (12/7/2017).

Baca juga: Dalam Dua Tahun Terakhir, 134 Orangutan Diselamatkan

Ketujuh orangutan tersebut berangkat dari Samboja Lestari pada Selasa (11/7/2017). Mereka dimasukkan ke dalam kandang besi dan menumpangi mobil bak terbuka.

Mereka menempuh jarak ratusan kilo meter dengan waktu hampir 20 jam waktu perjalanan.

“Setiap 2 jam sekali, mereka berhenti. Selain diperiksa kesehatannya, mereka juga makan. Kita bawakan buah dan sayur, mereka juga minum susu, air putih dan pocari sweet,” ujarnya.

Pelepasliaran kali ini merupakan pelepasliaran ke 13. Jamartin menegaskan tahun 2017 adalah tahun kebebasan.

Jamartin berharap, BOS menjadi yayasan konservasi orangutan terkecil di Indonesia, meski pada kenyataannya menjadi yayasan konservasi terbesar di dunia.

“Hutannya jauh, jalannya terjal dan tidak gampang untuk menuju ke sana. Tapi semua demi mereka si pemilik hutan, mereka menjaga hutan dan harus dikembalikan ke rumahnya. Sesulit apapun dan semahal apapun, kita tempuh,” ucapnya.

Baca juga: Orangutan Albino Itu Masih Berjuang untuk Beradaptasi...

Kompas TV Bayi Orangutan Berhasil Diselamatkan Petugas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com