Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Jurusan Nunukan-Tawau Malaysia Terbakar Saat Menuju Tarakan

Kompas.com - 30/06/2017, 17:54 WIB
Sukoco

Penulis

NUNUKAN, KOMPAS.com – Kapal KM Tawindo yang biasa melayani rute Nunukan – Tawau Malaysia terbakar saat akan menuju Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Kebakaran kapal pada bagian mesin tersebut terjadi di perairan Tanjung Ahus Kabupaten Nunukan saat kapal akan menuju kota Tarakan.

“Kebakaran terjadi di Perairan Karang Banda atau Anjung Ahus pada pukul 13.15 Wita. Yang terbakar bagian kamar mesin, ” ujar Kepala Basarnas Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara Mujiono melalaui Kasie Operasi Octavianto, Jumat (30/6/2017).

Octavianto menambahkan, saat mengetahui kamar mesin kapal terbakar, sang nahkoda, Mansur melakukan lego jangkar. Lalu, 6 kru kapal berupaya memadamkan api dan meminta penumpang tenang sambil meminta bantuan ke Pelabuhan Nunukan dan Tarakan.

(Baca juga: Diduga Korsleting, Sebuah Kapal Terbakar di Pelabuhan Benoa)

 

Karena kebakaran pada kamar mesin cukup parah, kapal tidak bisa melanjutkan perjalanan ke Kota Tarakan.

“Sekitar pukul 13.30 Wita kebakaran bisa diatasi. Sementara penumpang, menunggu kapal bantuan untuk proses evakuasi,” imbuh Octavianto.

 

Octavianto menjelaskan, kapal tersebut mengangkut 80 penumpang. Mereka berhasil dievakuasi oleh beberapa kapal dan speedboat ke Pelabuhan Kota Tarakan. “Semua penumpang sudah dievakuasi ke Kota Tarakan dalam keadaan selamat,” tutupnya.

Kompas TV Sebuah kapal penumpang terbakar di perairan Pulau Ayer, Kepulauan Seribu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com