Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yusuf yang Buta karena Lemparan Telur Ulang Tahun Bersyukur Sudah Bisa Sekolah Lagi

Kompas.com - 01/06/2017, 09:00 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Kondisi Muhammad Yusuf Permana (19) perlahan mulai membaik. Meski belum sepenuhnya sembuh, Yusuf mengaku sudah bisa melakukan aktivitasnya.

Yusuf mengalami kebutaan setelah mata bagian kirinya terkena lemparan telur oleh teman-temannya saat merayakan ulang tahunnya pada Januari 2017 lalu.

Kala itu, teman-teman Yusuf bermaksud memberikan kejutan di hari ulang tahunnya tepat tengah malam. Namun tak disangka, kejutan itu berujung petaka bagi Yusuf. Sebuah telur dilempar dan mendarat tepat di mata kiri Yusuf.

Kejadian itu membuat Yusuf terpukul. Dia tak menyangka, kondisinya tak bisa melihat dengan normal. Dokter menyarankan agar segera dilakukan operasi cangkok mata setelah kornea mata kirinya rusak akibat bakteri telur yang pecah di matanya itu.

"Sekarang aktivitas sudah normal, cuma kalau ngeliat kayak enggak biasa aja, kayak ada yang ganggu, gitu," ucap Yusuf kepada Kompas.com.

KOMPAS.com/Ramdhan Triyadi Bempah Muhammad Yusuf Permana (19) mengalami kebutaan di mata bagian kirinya setelah terkena lemparan telur saat dirinya mendapat kejutan di hari ulang tahunnya, Januari 2017 lalu.
Anak keempat dari lima bersaudara ini menceritakan, awalnya dia tak mampu mengontrol emosinya.

(Baca selengkapnya: Kisah Yusuf, Siswa SMK yang Buta Setelah Dilempar Telur Saat Ulang Tahun)

Tiap hari, dirinya harus merasakan sakit luar biasa di mata kirinya. Itu berlangsung berbulan-bulan sebelum akhirnya mendapatkan pengobatan dari rumah sakit.

"Tidur jadi keganggu. Hampir tiap hari mata kiri saya kerasa panas. Nanahnya dulu sempat ngendap di dalam mata, sekarang udah nggak ada, diobatin pakai pengobatan alternatif gitu. Dijilat-jilat mata saya waktu itu," ungkap Yusuf.

Meski begitu, Yusuf tidak pernah dendam dengan ulah teman-temannya itu. Dia justru menganggap, apa yang dilakukan oleh temannya adalah tindakan yang tidak disengaja. Kejutan semacam itu memang sering dilakukan oleh remaja pada umumnya.

"Teman-teman langsung minta maaf pas kejadian itu. Saya juga enggak dendam kok," katanya.

Dia pun mengaku, sempat tidak bersekolah selama empat bulan setelah tragedi itu. Selama itu, Yusuf hanya beristirahat di kamarnya. Dia hanya pergi keluar pada saat pergi berobat ke rumah sakit bersama bibi dan kakak perempuannya.

(Baca juga: Cangkok Mata, Harapan Yusuf yang Buta karena Lemparan Telur Saat Ulang Tahun)

Sekarang, kondisi matanya berangsur membaik meski harus segera dioperasi. Ia mengatakan, sudah dapat melakukan aktifitasya dengan normal, termasuk mengikuti pelajaran di sekolah.

"Alhamdulilah, udah bisa masuk sekolah lagi. Temen-temen di sekolah juga ngasih semangat. Cuma sekarang kalau ngeliat kayak ada yang aneh aja. Kayak ada yang ganggu aja di mata," imbuh Yusuf.

 

 

Kompas TV Meski Buta, Pemuda Ini Jago Main Skateboard
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com