Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Semarang Temukan Ular Piton 2,5 Meter di Atas Plafon Rumah

Kompas.com - 30/03/2017, 05:42 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Warga Ungaran, Kabupaten Semarang, sempat dihebohkan dengan penangkapan ular sanca atau ular piton sepanjang 2,5 meter di permukiman padat penduduk, tepatnya di wilayah RT 1 RW 4 Kelurahan Langensari, Ungaran Barat, Rabu (29/3/2017) pagi.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, ular piton sebesar lengan orang dewasa tersebut ditemukan di atas plafon kamar mandi di rumah Aswati (57).

Baca juga: Seorang Petani Ditemukan Tewas di Perut Ular Piton Sepanjang 4 Meter

Hewan melata tesebut pertama kali diketahui saat pemilik rumah tengah mencuci piring. Saat itu, ia melihat ular piton tengah membelit kayu penyangga genting rumahnya. Aswati kaget bukan kepalang, lalu dia berteriak memanggil tetangganya untuk menangkap ular tersebut.

"Ya, mungkin belakang itu kan kebun, jadi ya nggak tahulah (dari mana). Saya kan masak juga rada takut, jadi takut kalau ada lagi. Habis nyuci piring kan takut di situ, tapi ya nggak apa-apa lah, bismillah," kata Aswati.

Setelah beberapa saat diburu, akhirnya ular sanca kembang berjenis kelamin betina tersebut ditangkap. Untuk memastikan bahwa ular tersebut tidak bisa memangsa atau menggigit lagi, mulut ular ditutup lakban.

Salah seorang warga yang ikut dalam penangkapan ular tersebut adalah BUdi Hariyadi (27). Menurut Budi, upaya untuk menangkap ular tersebut memakan waktu cukup lama lantaran posisinya di atas plafon. Warga terpaksa membongkar genteng untuk memudahkan penangkapan.

"Lumayan susah, Mas, perlu bongkar genting juga tadi. Soalnya badan ular kan melilit di kayu untuk gentingnya itu, di reng-reng gentingnya," kata Budi.

Pria yang juga anggota SAR Bumi Serasi ini mengungkapkan, sejauh ini tidak ada ternak warga yang hilang.

"Untuk ternak-ternak yang hilang nggak ada, dan sebenarnya ular itu jarang ada di sekitar sini sebenarnya," kata Budi Hariyadi.

Baca juga: Kasus Piton di Sulawesi, Bagaimana Ceritanya Bisa Memangsa Petani?

Kendati sejauh ini tidak ada warga yang merasa kehilangan, namun warga, khususnya para istri, merasa khawatir dengan keselamatan anak-anak mereka. Sebab, penemuan ular piton tersebut berada di tengah pemukiman padat penduduk yang notabene bukan lokasi habitatnya.

Kekhawatiran mereka bertambah karena mendengar kabar seorang petani di Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, tewas dimangsa ular piton sepanjang 4 meter.

Kompas TV Ular Piton Ini Telan Petani Sawit
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com