Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PNS yang Bunuh Diri di RS Siloam Pernah Dirawat karena Sakit Jiwa

Kompas.com - 25/03/2017, 00:44 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Yulius Tai Sespao (40), PNS Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) yang tewas gantung diri di dalam kamar,  mandi Rumah Sakit Siloam Kupang, ternyata pernah dirawat di Rumah Sakit Jiwa WZ Johannes Kupang.

“Berdasarkan keterangan dari istri Yulius yang bernama Yanti Tse dan seorang kerabatnya Yunita Tualaka, Yulius pernah dirawat di Rumah Sakit WZ Johanes Kupang pada 2013 lalu karena mengalami gangguan jiwa,” ujar Kepala Bidang Humas Polda NTT AKBP Jules Abraham Abast Jumat (24/3/2017).

Jules menceritakan, pada Kamis (23/3/2017) sekitar pukul 24.00 Wita, Yulius sempat memasukkan jarinya ke dalam terminal penghantar listrik di dalam bilik rumah sakit Siloam. Tindakan Yulius ini ditegur Yunita Tualaka.

"Dia (Yulius) kemungkinan mengalami gangguan jiwa sehingga mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri," sebut Jules.

(Baca juga: Kenali Tanda Seseorang Berniat Bunuh Diri dan Cara Mencegahnya)

 

Sebelumnya diberitakan, jenazah Yulius pertama kali ditemukan oleh kerabat dan petugas keamanan rumah sakit tersebut, Jumat (24/3/2017) sekitar pukul 10.45 Wita.

Saat itu, Yulius bersama seorang kerabatnya, Yunita Tualaka, sedang menunggu istri Yulius, Yanti Tse yang sedang menjalani perawatan medis (opname). Tak berselang lama, Yulius pun masuk ke kamar mandi dan tak juga kunjung keluar.

Yunita kemudian memanggil-manggil Yulius, namun tak ada jawaban dari dalam kamar mandi. Saat itu, pintu kamar mandi dalam keadaan terkunci, sehingga Yunita tak bisa membukanya. Lalu dia meminta bantuan petugas keamanan rumah sakit, Denesta Wiliam (27). 

(Baca juga: Seorang PNS Tewas Gantung Diri di Kamar Mandi Rumah Sakit Siloam)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com