Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Seorang TKI Ilegal Asal NTT Meninggal di Malaysia

Kompas.com - 23/03/2017, 22:58 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) illegal asal Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bernama Ifon Bin Cristoforus Raja meninggal di Negara Bagian Perak, Malaysia.

Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan Balai Pelayanan Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Kupang, Siwa mengatakan, Ifon diketahui warga Desa Keli, Kecamatan Keo Tengah, Kabupaten Nagekeo, NTT.

“Menurut surat keterangan dari KBRI di Kuala Lumpur bahwa yang bersangkutan (Ifon) meninggal pada Senin (20/3/2017) sekitar pukul 23:45 waktu setempat. Ifon meninggal karena menderita sakit asma,” ujar Siwa kepada Kompas.com, Kamis (23/3/2017) malam.

 

(Baca juga: Dalam 2 Bulan, 21 TKI Asal NTT Meninggal di Malaysia)

Jenazah Ifon, lanjut Siwa, berada di Rumah Sakit Teluk Intan Perak Malaysia. Jenazah pun sudah diotopsi, karena meninggal di luar rumah sakit.

Siwa memastikan bahwa Ifon adalah TKI yang masuk ke Malaysia secara tidak resmi atau illegal. Sebab, setelah dicek di Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri, ia tidak menemukan nama Ifon.

Sampai saat ini, Siwa mengaku belum mengetahui persis sudah berapa lama dan tempat Ifon bekerja di Malaysia. Karena saat berangkat ke negeri Jiran itu melalui jalur illegal.

“Info resmi yang kami terima pada pukul 12.42 Wita siang tadi bahwa jenazah akan dipulangkan pada Sabtu (25/3/2017) dengan pesawat Malaysia Airlines dari Kuala Lumpur ke Denpasar,”sebutnya.

Siwa juga sudah menginformasikan hal itu kepada keluarga Ifon di kampungnya dan mereka akan menunggu, karena penerbangan akan langsung dari Denpasar menuju salah satu bandara di Pulau Flores, NTT.

(Baca juga: 2 Orang TKI Asal NTT Tewas Tenggelam di Malaysia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com