Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Kios di Manonjaya Terbakar, Pedagang Disiapkan Lokasi Darurat

Kompas.com - 15/03/2017, 11:23 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tasikmalaya Heri Sogiri mengatakan, pemerintah akan segera menyiapkan lokasi pasar darurat bagi pedagang yang kiosnya terbakar di Pasar Manonjaya. Setelah diinventarisasi jumlah kios yang terbakar hampir seluruhnya berjumlah 430 kios.

"Kita akan mencari lokasi darurat untuk para pedagang korban kebakaran Pasar Manonjaya. Kita sekarang juga akan mencari titiknya. Namun untuk lokasi pastinya kita masih belum tahu sampai sekarang," jelas Heri kepada wartawan di lokasi kejadian, Rabu (15/3/2017).

Selain ratusan kios, bangunan perkantoran pasar milik dinas di lokasi pun ludes terbakar. Banyak dokumen dan kelengkapan administrasi yang hangus ikut terbakar. Namun, untuk pendataan para pedagang nantinya akan dilakukan dengan data yang tersimpan di kantor dinas.

"Kantor UPTD-nya pun ikut hangus terbakar. Tapi untuk data nanti kita ada database di dinas," tambah dia.

Pihaknya meminta kepada para pedagang untuk tetap tenang dan tidak terpancing oleh isu bahwa pasar sengaja dibakar. Hal itu untuk menjaga kondusifitas lingkungan pasca kejadian kebakaran tersebut.

"Jangan terpancing oleh isu yang tidak benar dan informasi yang simpang siur. Para pedagang diminta tetap tenang. Biarkan pihak kepolisian yang melakukan penyelidikan dan nantinya akan diketahui pasti penyebab kebakaran," kata dia.

Sementara itu, salah seorang pedagang Pasar Manonjaya Yoyoh (54), membenarkan bahwa ada informasi yang beredar kalau pasar sengaja dibakar karena akan dipindahkan.

Menurut dia, pemindahan lokasi pasar Manonjaya memang sudah santer terdengar sejak beberapa tahun lalu. Namun, para pedagang enggan pindah lokasi pasar karena lokasi barun yang akan disediakan pemerintah berada di tempat yang tak strategis.

"Kalau informasi pasar sengaja dibakar saya sudah dengar sejak semalam. Memang kalau pasar ini direncanakan akan dipindah memang betul. Cuma saya dan pedagang lainnya tidak ingin pindah. Lokasi yang baru jauh dari perkotaan. Sudah beberapa kali mendengar ada rencana pasar ini akan dipindahkan tapi tidak jadi terus karena kami menolak," tambah dia.

Sampai saat ini kondisi pasar tinggal menyisakan puing-puing bangunan. Terlihat beberapa petugas kepolisian telah memasang garis polisi untuk melakukan penyelidikan. Namun, beberapa warga nekat masuk ke lokasi kebakaran dengan harapan mencari sisa-sisa barang berharganya di lokasi kebakaran. 

Baca: Penyebab Kebakaran Pasar Manonjaya Tasikmalaya Diselidiki

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com