Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebuah Masjid Tertimpa Longsor, Tiga Orang Terluka

Kompas.com - 26/02/2017, 23:29 WIB
M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com- Bencana tanah longsor menimpa sebuah masjid yang ada di lereng Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Tiga orang anggota jemaah yang sedang beribadah di masjid itu mengalami luka.

Bencana alam itu terjadi di Dusun Sumber RT 01/RW 05, Desa Satak, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Sabtu (25/2/2017), petang.

Saat itu para korban, yakni Marjuki (45) dan dua anaknya yaitu Gampang (8) dan Gesang (5) tengah menunaikan shalat maghrib berjamaah.

Di tengah sembahyang itu, tiba-tiba tebing setinggi 10 meter yang ada di samping masjid, longsor lalu menerjang dinding masjid. Material longsoran berupa tanah bercampur air dan batang pepohonan menjebol dinding hingga mengenai Marjuki dan kedua anaknya.

Ketiganya sempat terjebak dalam reruntuhan hingga berhasil ditolong warga lainnya 30 menit kemudian.

"Para korban hanya mengalami luka ringan dan tidak sampai dirawat di rumah sakit," ujar Hari Wahyu Jatmiko, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kediri saat dihubungi, Minggu (26/2/2017).

Sedangkan untuk masjid yang rusak itu, kata Hari, hasil kesepakatan para warga masjid itu sekalian dirobohkan karena akan diganti bangunan baru. Penempatan masjid baru itu akan dicarikan lokasi yang lebih aman.

Hari menambahkan, beberapa waktu belakangan ini curah hujan memang cukup tinggi. Dia mengimbau warga terutama yang ada di wilayah rawan bencana seperti gunung dan tepi sungai untuk meningkatkan kewaspadaan. (K20-11).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com