Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Ngurah Rai Sudah Siapkan Lokasi Parkir Pesawat Raja Salman

Kompas.com - 25/02/2017, 22:02 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


DENPASAR,KOMPAS.com - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud yang akan datang ke Bali pada 4 Maret 2017 rencananya akan membawa enam pesawat dan akan diparkir di apron sebelah selatan Bandara Ngurai Rai.

Hal tersebut disampaikan Humas Bandara Ngurah Rai, Awaludin, kepada Kompas.com, Sabtu (25/2/2017).

Saat ini pihak bandara sudah menyiapkan lokasi dan penyesuaian untuk parkir pesawat tersebut serta melakukan perubahan marka.

"Biasanya apron sebelah selatan ini digunakan untuk pesawat private jet. Tapi karena pesawat yang datang kondisinya lebih besar maka perlu ada perubahan marka dan saat ini sudah dilakukan dan kemarin (Jumat, 24/2) sudah selesai," ucap Awaludin.

Menurut Awaludin, persiapan yang dilakukan untuk menyambut Raja Salman sesuai dengan standar kunjungan kenegaraan.

Biasanya, jika ada tamu kenegaraan, pesawat akan diparkir di apron sebelah utara, namun karena tipe pesawat yang dibawa berjenis badan besar (widebody) maka digunakan apron sebelah selatan.

"Untuk detail berapa jumlah penumpang kami masih belum bisa memastikan tapi untuk jenis 747 saja bisa menampung sekitar 320 sampai 325 penumpang. Jadi ya tinggal dihitung tapi kepastiannya berapa jumlahnya kami masih belum tahu," ucap Awaludin.

(Baca: Sambut Raja Salman, Kompleks Parlemen Persiapkan Diri...)

Kompas TV Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Arab Saudi beberapa waktu lalu kini dibalas kunjungan Raja Salman Bin Abdul Aziz yang akan ke Indonesia, 1 Maret nanti. Segala persiapan dilakukan, baik dari pemerintah Indonesia, maupun kerajaan Arab Saudi. Kendaraan pribadi raja hingga eskalator telah tiba di tanah air untuk mempermudah Raja Salman melakukan kunjungan selama di Indonesia. Raja Salman diperkirakan membawa kargo sebanyak 459 ton, terdiri 63 ton di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta dan 396 ton di Bandara Ngurah Rai, Bali. Isi kargo yang dibawa adalah makanan dan minuman untuk raja, peralatan kerja, mesin x-ray, mobil Mercy tipe S60d, dua unit eskalator, dan beberapa barang penting lainnya milik raja. Jadwal selama kunjungan di Indonesia, yakni, 1 hingga 3 Maret berada di Jakarta dan 4 hingga 9 Maret berada di Bali untuk berlibur. Kunjungan Raja Salman ke Indonesia guna memperkuat hubungan kerja sama kedua negara. Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut, kunjungan ini akan lebih difokuskan pada hubungan kerja sama ekonomi dengan harapan Arab Saudi akan berinvestasi besar di tanah air. Utusan Presiden untuk negara timur tengah, Alwi Shihab menyatakan, kunjungan Arab Saudi ke Indonesia adalah sebagai bentuk keseriusannya untuk berinvestasi di Indonesia, terutama yang tengah dilihat saat ini adalah sektor pariwisata. Kunjungan Raja Salman ini merupakan kunjungan pertama kali Kerajaan Arab Saudi, setelah 47 tahun. Kunjungan sebelumnya dilakukan oleh Raja Faisal.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com