Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wiranto: Tidak Usah Ricuh, Hitung Lagi Baik-baik

Kompas.com - 23/02/2017, 14:09 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto meminta agar masyarakat maupun massa pendukung pasangan calon agar menjaga suasana yang kondusif saat proses rekapitulasi suara berjalan.

Kalaupun ada selisih perolehan suara, dia mendorong agar berbagai pihak kembali menghitungnya secara cermat bersama-sama.

"Ya dihitung kembali dan tidak usah ricuh, enggak usah protes. Dihitung dengan baik-baik, kan ada saksinya," ujarnya usai pembukaan acara Rapat Kerja Nasional BNPB-BPBD di Hotel Sahid Jaya Yogyakarta, Kamis (23/2/2017).

Wiranto mengakui, sampai saat ini, permasalahan di daerah dalam Pilkada masih dapat diatasi. Penyebabnya untuk masing-masing daerah juga bermacam-macam. Namun demikian, Wiranto menyakini bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelengara Pilkada mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

"Masih bisa kami hadapi di berbagai daerah. Kalau ada hitungan yang salah ya dibetulkan, dihitung kembali. gitu saja," tegasnya.

Sementara itu, proses rekapitulasi di KPU Kota Yogyakarta yang dimulai pada Rabu (22/2/2017), diwarnai aksi demo oleh relawan, simpatisan dan unsur partai pengusung salah satu pasangan pasangan calon.

Massa menuntut agar KPU membuka kotak dan menghitung ulang surat suara rusak. Selain itu, massa menuntut transparansi ke KPU. Meski terjadi aksi demo, namun proses rekapitulasi di Kantor KPU Kota Yogyakarta tetap berjalan dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com