Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nelayan Kecil Sebatik Bakal Terima "Converter" Gas untuk Mesin Perahu

Kompas.com - 21/02/2017, 12:14 WIB
Sukoco

Penulis

NUNUKAN, KOMPAS.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan membagikan seratusan converter gas kepada nelayan kecil di wilayah perbatasan kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Alat converter gas ini akan digunakan untuk menggantikan bahan bakar minyak pada mesin tempel perahu nelayan.

Anggota Komisi VII DPR RI Ari Yusnita mengatakan, dari 500 converter untuk Provinsi Kalimantan Utara, seratus di antaranya akan dibagikan kepada nelayan yang hanya memiliki perahu di bawah 5 gross ton di Sebatik.

"Di Sebatik Nelayannya lebih banyak. Persyaratannya dilihat ada nomor nelayannya, terus mesinnya dibawah 5 GT, KTP, NIK dan harus punya perahu sendiri," ujar Yusnita, Selasa (21/2/2017).

Penggunaan converter gas diharapkan dapat mengurangi pengeluaran nelayan untuk belanja bahan bakar serta lebih ramah lingkungan dibandingkan bila memakai bahan bakar minyak.

"Rencananya akhir Februari akan dibagi. Dengan penggunaan converter, selain menekan BBM juga perahu nelayan jadi ramah lingkungan," kata dia.

Selain membagikan converter gas untuk mesin tempel nelayan perbatasan, Kementerian ESDM juga telah membagikan 45 unit penerangan jalan umum dengan menggunakan tenaga surya.

Penggunaan PLTS di Sebatik merupakan salah satu solusi atas krisis listrik yang saat ini masih dialami warga setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com