Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Ayam Hanyut Diterjang Banjir di Banyuwangi

Kompas.com - 13/02/2017, 15:49 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Ribuan ayam di peternakan milik warga hanyut karena banjir yang terjadi di Desa Seneporejo, Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi, Minggu (12/2/2016) dinihari.

"Banjir datang habis magrib sampai ketinggian 2,5 meter jadi habis semua ayam saya. Total kalo punya saya ada 2.300 ekor ayam padahal sudah mau panen, Rabu besok ini. Teman saya ada 4.000 anakan ayam," ujar Wafir (30), peternak ayam, Senin (13/2/2017).

Dia mengaku, untuk pakan ayam saja, dia rugi Rp 15 juta dan hanya tersisa 16 pak dari puluhan pak pakan yang disediakannya.

"Habis semuanya dibawa banjir," tuturnya.

Selain Wafir, ada 108 kepala keluarga yang terkena dampak banjir desa yaitu Desa Seneporejo, Desa Kesilir, Desa Sukorejo dan Desa Sambirejo. Jarak desa tersebut sekitar 50 kilometer dari pusat kota Banyuwangi.

"Dari 108 kepala keluarga ada sekitar 600 jiwa yang terdampak dan tidak ada korban jiwa. Kita sudah mendirikan dapur umum yang melayani 500 orang saat sarapan, makan siang dan malam karena sebagian besar masyarakat masih belum bisa memanfaatkan dapur untuk memasak," ungkap Ade Setiyawan, Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Banyuwangi.

Dia menjelaskan, puncak banjir terjadi pada Minggu dinihari dan banjir mencapai ketinggian empat meter.

"Warga dievakuasi hanya semalam dan hari ini sudah kembali ke rumah untuk bersih-bersih rumah," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com