Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Terjang TTU, Ratusan Rumah Terendam

Kompas.com - 01/02/2017, 15:17 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Banjir bandang menerjang dua kecamatan di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT).  Akibatnya ratusan rumah warga terendam banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTT Tini Tadeus mengatakan, dua kecamatan yang diterjang banjir yakni Insana Utara dan Biboki Anleu.

Tadeus menjelaskan, di Kecamatan Insana Utara tepatnya di Desa Oesoko, lima unit rumah yang terendam. Sedangkan di Kecamatan Biboki Anleu, empat desa yang terendam banjir yakni Desa Oemanu (48 unit rumah), Desa Ponu (104 unit rumah), Desa Nonotbatan (10 unit rumah) dan Desa Sifaniha (30 unit rumah).

“Akibat banjir itu, 10 unit rumah di Desa Nonotbatan roboh. Selain itu juga empat ekor sapi milik warga hanyut terbawa arus banjir,” kata Tadeus kepada Kompas.com, Rabu (1/2/2017).

Selain rumah dan ternak warga lanjut Tadeus, tanaman jagung milik warga di Ponu seluas dua hektar mengalami kerusakan.

”Sebelumnya pada Jumat (27/1/2017 kemarin, bencana alam angin puting beliung juga melanda wilayah TTU yang mengakibatkan empat unit rumah roboh,”sebutnya.

Sementara itu dihubungi secara terpisah, Bupati TTU Raymundus Sau Fernadez mengatakan, saat ini dirinya sedang melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten TTU dan camat di dua wilayah itu untuk melakukan penanganan secara cepat.

“Langkah yang akan kita lakukan dalam jangka pendek yakni kita membantu meringankan korban-korban ini melalui BPBD dan juga dinas sosial dan selanjutnya kita akan kaji supaya tidak terjadi lagi hal-hal seperti itu,” kata Fernandez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com