Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Sampah Cinta, Cara Kota Malang untuk Menjaga Kebersihan

Kompas.com - 27/01/2017, 18:06 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Malang mempunyai cara tersendiri dalam meningkatkan kesadaran masyarakat supaya buang sampah pada tempatnya. Di antaranya adalah dengan menaruh tempat sampah model cinta.

Tempat sampah itu baru beberapa hari yang lalu dibentuk dan ditempatkan di sejumlah taman yang ada di Kota Malang. Terutama di dalam taman yang banyak dikunjungi oleh warga.

"Sementara ini di taman - taman aktif dulu. Seperti alun alun Malang, Taman Trunojoyo, dan Taman Merjosari," kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Erik Setyo Santoso, Jumat (27/1/2017) kepada Kompas.com.

Erik menyebutkan, tempat sampah yang ada saat ini kurang begitu mendapat perhatian dari masyarakat. Dengan adanya tempat sampah berbentuk cinta itu, masyarakat diharapkan mau mendekatinya dan membuang sampah di dalamnya.

"Supaya lebih menarik perhatian orang tentang keberadaannya Sam. Sehingga orang mau buang sampah pada tempatnya," ucapnya.

Selain itu untuk meningkatkan kesadaran warga dalam membuang sampah, tempat sampah model cinta itu juga untuk memperindah taman - taman yang ada di Kota Malang.

"Tempat sampah itu tidak sepele. Karena dibuat selfie-selfie pun pantas," sebutnya.

Ada tiga jenis tempat sampah model cinta yang diletakkan dalam satu rangkaian. Yaitu tempat sampah organik, anorganik dan limbah B3.

Berlania, seorang siswi kelas 12 di SMAN I Kota Malang mengaku tertarik dengan tempat sampah model baru itu.

"Menarik sih, jadi tidak kotor. Mungkin bisa bikin orang - orang rajin buang sampah ke tempatnya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com