Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Papua Paling Menyukai Pecahan Rp 10.000

Kompas.com - 25/01/2017, 12:51 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Joko Supratikto menyebutkan, pecahan Rp 10.000 bergambarkan pahlawan nasional Frans Kaisiepo paling diminati warga Papua. Ia menduga hal ini karena faktor kedekatan emosional.

"Sampai sekarang yang paling diminati, sekitar 25 persen (dari total yang telah diedarkan) adalah pecahan Rp 10.000 yang gambarnya Pak Frans Kaisiepo, jadi masyarakat Papua sendiri bangga dengan adanya gambar Frans Kaisiepo di situ," kata Joko di Jayapura, Rabu.

Ia mengatakan, pada uang rupiah tahun emisi 2016, pemerintah pusat memberi porsi cukup banyak  ciri khas Papua yang tidak hanya dari sisi pahlawan nasional.

"Sebenarnya tidak hanya itu gambar khas Papua di uang NKRI, ada gambar tari tifa, Raja Ampat, dan anggrek hitam," kata dia.

Menurut Joko, sejauh ini respons masyarakat Papua terhadap uang rupiah baru cukup baik.

"Ini hal yang luar biasa, ternyata di Papua penerimaan terhadap uang baru cukup bagus, dan dari berbagai kegiatan sosialisasi yang kita lakukan melalui media atau secara langsung, tanggapan masyarakat positif. Artinya mereka mau menerima dan kebanyakan tidak termakan oleh isu," sambung Joko.

Bank Indonesia sudah mengedar uang baru ke Papua sebesar Rp 14 miliar dan angka ini tergolong sedikit dibanding dengan daerah lain di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com