Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edarkan Pil Koplo ke Pelajar SMA, 3 Pemuda Ditangkap

Kompas.com - 18/01/2017, 16:01 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Jajaran Polres Malang Kota mengungkap pelaku jaringan pengedar pil koplo yang biasa dijual kepada pelajar. Pelaku ditangkap saat melakukan transaksi di Jalan Raya Bandulan, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Sabtu (14/1/2017).

Ada tiga pelaku yang ditangkap dalam jaringan tersebut. Diantaranya adalah ST (23) PA (27) dan AJI (27). Mereka merupakan warga Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.

KBO Satresnarkoba Polres Malang Kota Iptu Bambang Heryanta mengatakan, pengungkapan jaringan itu bermula dari penangakapan terhadap pelaku AJI yang tengah melakukan transaksi.

Polisi lalu mengembangkan kasus itu dan menangkap kedua pelaku lainnya. Dari tangan AJI, polisi mengamankan 18 butir pil koplo yang siap edar, sedangkan dari tangan ST dan PA, 468 butir pil koplo.

"Ditangkap saat menjual pada konsumen," katanya, Rabu (18/1/2017).

Biasanya, mereka menjual pil koplo itu seharga Rp 10.000 per enam butir. Kebanyakan, konsumen pil tersebut telah berlangganan, termasuk para pelajar.

"Ada yang pelajar, ada yang swasta," ungkapnya.

Bahkan, dalam penyelidikan kasus tersebut, polisi memanggil sembilan pelajar untuk dimintai keterangan. Rata-rata pelajar yang merupakan konsumen pil itu adalah pelajar SMA.

Ketiga pelaku dijerat dengan Pasal 197 UU RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman 15 tahun penjara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com