Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengaku dari KPK dan Takut-takuti Pemilik Bengkel, Pria Ini Ditangkap

Kompas.com - 11/01/2017, 12:19 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Seorang pria yang mengaku petugas Komisi Pemberantasan Korupsi ditangkap aparat Satreskrim Polresta Bogor Kota.

Pria berinisial JC (44) itu mengaku sebagai sebagai petugas KPK untuk menakut-nakuti dan menipu orang lain.

Polisi menangkap JC di rumahnya tanpa perlawanan di RT 3/8 Kampung Pabuaran, Kelurahan Cilendek Timur, Kecamatan Bogor Barat, Selasa (10/1/2017).

"Penangkapan dipimpin langsung Kasatreskrim Polresta Bogor Kota," ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Yusri Yunus, di Polda Jabar, Kota Bandung, Rabu (11/1/2017).

Petugas menangkap JC setelah masyarakat resah. JC mengaku sebagai pegawai KPK agar mendapatkan kompensasi pembayaran perbaikan kendaraan di bengkel dekat rumahnya.

"JC ini juga menunjukkan senjata airgun kepada petugas bengkel," sambung Yusri.

JC bukan anggota KPK, melainkan PNS di Jakarta. Polisi belum mengetahui tempat bekerja JC dan masih fokus memeriksanya.

"Petugas juga mendapati berbagai macam barang yang diduga menjadi sarana untuk mengaku sebagai anggota KPK. Diduga, sarana itu untuk melakukan penipuan," kata Yusri.

Barang yang disita di antaranya airgun, pedang, badge dan pin untuk seragam PPNS dan KPK, kartu tanda anggota KPK dan PPNS, baju seragam KPK dan seragam lainnya dengan pangkat bunga melati, berkas dan amplop berkop surat KPK dan Pemda DKI Jakarta, serta cap stampel Pemprov DKI Jakarta.

"Dari mana pelaku memiliki barang-barang itu juga masih diselidiki," kata Yusri sambil menambahkan penyidik masih mendata jumlah korban JC.

"Pelaku kini ditahan di Polresta Bogor Kota dan menjadi tersangka. Ia dikenakan pasal 378," kata Yusri.

Berita ini sudah tayang di Tribunnews.com, Rabu 11 Januari 2017 dengan judul Petugas Gadungan KPK Tertangkap di Bogor, Todongkan Pistol ke Pemilik Bengkel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com