Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk di Kota Manado, BPBD Keluarkan Peringatan Dini

Kompas.com - 08/01/2017, 17:43 WIB

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Cuaca buruk disertai tiupan angin kencang yang terjadi Minggu (8/1/2017) sejak pukul 13.00 Wita di Manado, Sulawesi Utara membuat beberapa wilayah mengalami musibah pohon tumbang dan peningkatan permukaan air laut akibat ombak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulut Noldy Liow, mengatakan pihaknya telah mengeluarkan status peringatan dini terkait cuaca kali ini.

Liow mengimbau masyarakat Sulut untuk menghindari ruas-ruas jalan yang rawan bencana, serta daerah aliran sungai.

“Ya, memang saat ini kondisi cuaca sedang ekstrem, untuk itu kami dari pihak BPBD Sulut menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menghindari ruas jalan yang rawan bencana, hindari juga berteduh di bawah pohon besar, tebing dan tempat-tempat yang rawan, dan kalau bisa kurangi aktifitas di luar rumah sampai cuaca kembali normal," ucap Liow saat dihubungi via telepon.

Di Kelurahan Sindulang Satu dan Sindulang Dua Kecamatan Tuminting, Kota Manado, sepanjang jalan Boulevard Dua, ombak besar meluap sampai ke badan jalan yang berbatasan langsung dengan laut tersebut.

Masih di Kecamatan yang sama, pohon tumbang dan tiupan angin kencang membuat atap salah satu rumah warga terlepas mengakibatkan terjadi kerusakan berat. Di Kecamatan Bunaken, terdapat tiga titik lokasi pohon tumbang, salah satunya menimpa rumah warga yang berada di Kelurahan Pandu Kecamatan Bunaken.

Pohon tumbang juga terjadi di Kelurahan Perkamil Kecamatan Paal Dua, Kelurahan Paniki Kecamatan Mapanget, Jalan Ahmad Yani Kelurahan Sario Utara Kecamatan Sario.

Sementara di pertigaan lampu merah Rike, Jalan Sam Ratulangi, Kelurahan Tanjung Batu, Kecamatan Wanea, pohon tumbang menimpa sebagian depan rumah warga dan menutupi ruas jalan.

Akibatnya, rumah milik Brigjen TNI (Pur) Robi Tuwilan mengalami kerusakan berat di bagian depan. Arus lalu lintas di sekitar lokasi kejadian sempat ditutup.

Di samping gapura masuk Asrama Saptamarga X Wanea, Kecamatan Wanea, papan reklame berukuran 6x8 meter jatuh menimpa jaringan kabel listrik sehingga rusak.

Sementara di depan rumah kopi Alibaba, Sario, pohon tumbang menimpa kanopi bangunan tersebut dan salah satu mobil yang sedang di parkir.

Personel TNI AD, Team Rescue Rapi Kota Manado, serta masyarakat sekitar nampak bahu membahu menyingkirkan batang pohon yang menghalangi jalan. Satu unit alat berat milik Dinas PU Kota Manado diturunkan untuk membantu membersihkan pohon yg menutupi jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com