Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Sungai di Brebes Meluap, Ratusan Rumah Tergenang

Kompas.com - 04/01/2017, 15:24 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis

BREBES, KOMPAS.com - Debit air Sungai Pemali yang terus naik membuat ratusan rumah di Kecamatan Wanasari dan Brebes, Jawa Tengah, digenangi air.

Hal yang sama juga terjadi di rumah-rumah warga di sekitar sungai Babakan di Kecamatan Tanjung, Bulakamba dan Ketanggungan serta di sekitar Sungai Cisanggarung, Kecamatan Losari.

Rumah warga yang terendam air berasal dari air rembesan melalui tanggung ketiga sungai karena debit air yang semakin tinggi. Rata-rata rumah warga yang terendam air dengan ketinggian 10-50 cm.

Salah satu daerah yang selalu terdampak air rembesan dari Sungai Pemali berada di Kampung Kauman, Brebes. Sejak Rabu (4/1/2017) pagi hingga siang ketinggian air di rumah-rumah warga sudah mencapai 40 cm.

"Airnya terus naik karena air di sungai Pemali semakin bertambah," kata Heri (50), warga Kampung Kauman, Brebes.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes Eko Andalas mejelaskan, debit sungai yang meningkat karena di wilayah hulu terus diguyur hujan.

Bahkan menurutnya, rembesan air dari ketiga sungai yang menggenangi rumah warga mengancam beberapa tanggul yang rawan jebol.

“Kalau daerah selatan hujan deras, inilah yang terjadi, daerah pantura pasti air sungainya tinggi,” ucap Eko.

Hingga kini, BPBD Brebes masih mendata berapa rumah warga yang terdampak banjir akibat rembesan air sungai Pemali, Babakan, dan Cisanggarung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com