Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rico dan Nelly, Dua Sejoli yang Setia Membantu Polisi

Kompas.com - 23/12/2016, 21:31 WIB
Ari Widodo

Penulis

DEMAK,KOMPAS.com - "Rico! Nelly! Siap beraksi! Oke! Good job!" terdengar nyaring suara pelatih anjing pelacak milik polisi yang memberikan instruksi kepada hewan tersebut.

Genap lima tahun ini, Rico dan Nelly , turut ambil bagian dalam kegiatan patroli jelang perayaan Natal. Umumnya, anjing pelacak selalu bertampang sangar baik postur tubuh maupun raut mukanya terlihat seram. Tetapi, anjing pelacak yang sudah menjadi anggota Polres Demak sejak tahun 2011 ini jauh dari kesan galak. Keduanya nampak bersahabat.

Kesan bersahabat tersebut  yang menjadikan Rico dan Nelly malah menjadi model selfie dan narsis para jemaat gereja yang sedang sibuk menyiapkan Natal. Tentu saja, anjing pelacak berkelamin jantan dan betina ini tidak melupakan tugas utamanya sebagai pengendus benda benda yang mencurigakan.

"Rico dan Nelly ini adalah Satuan K9 handak Polres Demak. Dua sejoli ini kita ajak berkeliling menyisir gereja gereja di Demak, " ungkap Kabag Operasional Polres Demak, Kompol Sutomo, yang memimpin Patroli Damai Natal tahun 2016, Jumat (23/12/2016).

Rico dan Nelly dengan setia mendampingi para anggota kepolisian untuk berpatroli dan melakukan penyisiran di sejumlah gereja mulai pagi hingga sore hari. Keduanya istirahat hanya pada saat anggota polisi melaksanakah ibadah shalat Jumat.

"Tentu saja kami sangat terbantu dengan adanya anjing anjing pelacak ini. Daya penciuman mereka yang tajam terbukti memudahkan pekerjaan kami. Alhamdulillah tidak ada barang barang yang mencurigakan, " kata Sutomo.

Sutomo, perwira polisi yang di kenal humoris ini, menambahkan, sejauh ini persiapan perayaan kelahiran Isa Almasih di Kota Wali ini lancar tanpa hambatan yang berarti. Bahkan segenap komponen masyarakat, ormas maupun pemerintah dan TNI turut berpartisipasi menjaga ketertiban di sekitar gereja.

"Harapan kita perayaan Natal di Demak aman dan lancar, begitu pula di daerah lain, " ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com