Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Bima, Korban Terus Dievakuasi

Kompas.com - 22/12/2016, 20:02 WIB
Syarifudin

Penulis

BIMA, KOMPAS.com - Hujan lebat sejak Rabu pagi (21/12/2016) menyebabkan Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), terendam banjir hingga setinggi 3 meter.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima, H Syarafuddin mengatakan, banjir merendam hampir semua kecamatan di daerah itu akibat luapan air sungai, usai diguyur hujan seharian.

"Banjir ini merendam rumah warga di hampir semua Kecamatan, dengan ketinggian air sekitar 1 sampai 3 meter," ungkap Syarafuddin kepada Kompas.com, Rabu (21/12).

Sementara ini pihaknya belum mendapat informasi ada korban jiwa dalam bencana banjir tersebut. Namun, ia mengatakan, sebagian warga yang berada area persawahan sempat terseret banjir, namun berhasil dievakuasi

"Sampai saat ini kita belum terima informasi adanya korban jiwa. Sementara korban yang diseret banjir telah dievakuasi, semuanya selamat," ungkap Syarafuddin.

"Begitu juga dengan para penghuni yang rumahnya terendam banjir telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman," tambahnya.

BPBD belum bisa menyimpulkan total kerugian akibat banjir setinggi 3 meter itu. Namun Ia memastikan sejumlah perabotan rumah tangga telah hanyut terbawa arus yang deras, termasuk beberapa rumah warga yang berada didataran rendah runtuh dan ikut terseret.

Untuk mengantisipasi banjir susulan, tim BPBD yang dibantu anggota TNI dan Polisi masih dalam proses evakuasi untuk menyelamatkan warga yang terjebak didalam rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com