Libur Panjang, Petugas Basarnas Siaga dari Brexit hingga Pantura - Kompas.com

Libur Panjang, Petugas Basarnas Siaga dari Brexit hingga Pantura

Kontributor Semarang, Nazar Nurdin
Kompas.com - 22/12/2016, 15:56 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin Sejumlah personel Basarnas Jateng disiagakan mengantisipasi bencana di libur panjang saat natal dan tahun baru 2017. Ada 127 petugas yang disiagakan dalam kegiatan dari 23 Desember - 2 Januari 2017 tersebut.

SEMARANG, KOMPAS.com – Badan SAR Nasional Jawa Tengah menyiagakan sejumlah personel untuk mengantisipasi bencana di libur panjang saat natal dan tahun baru 2017.

Petugas disiagakan di sejumlah jalur-jalur strategis agar langsung siap ketika ada bencana datang.

Sejumlah titik yang disebar petugasnya antara lain jalur Pantura, di pintu tol Brebes Timur atau Brexit tol Brebes, lalu Jalur selatan di Kabupaten Banyumas, Jalur Pantura di Kabupaten Kudus. Selain itu, ada juga jalur tengah yaitu di Surakarta menuju arah Ngawi, Jawa Timur.

“Pos siaga natal dan tahun baru dilaksanakan mulai tanggal 23 Desember hingga tanggal 2 januari 2017. Kami siaga 24 jam,” ujar Ketua Basarnas Jateng Agus Haryono, di Semarang, Kamis (22/12/2016).

Untuk mendukung kesiapan, jajarannya menerjunkan 127 personel di bagi ke titik strategis tersebut. Selain mengamankan potensi bencana, petugas juga akan ditugaskan ikut mengamankan dan bersiaga khusus di sejumlah titik di wilayah Jawa Tengah.

Para petugas nantinya akan bertugas di posko induk yang dibangun, ada juga yang bersiaga melalui posko mobile, atau bersiaga melalui mobil patroli di jalanan.

"Kami berupaya meningkatkan kesiapsiagaan dari kemungkinan terjadi terkait kecelakaan ataupun bencana. Kami juga ada posko mobile, di mana petugas akan di tempatkan di titik-titik rawan kepadatan lalu lintas para pemudik," ujar Agus.

Posko mobile juga akan didukung personel dari helly Basarnas dan Kapal SAR. Helly yang disiagakan dari kantor pusat Basarnas berjenis AgustaWestland AW139 SAR, yang stand by di Landasan Bandar Udara Ahmad Yani Semarang. Sementara kapal SAR KN Sadewa disiagakan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. 

PenulisKontributor Semarang, Nazar Nurdin
EditorErlangga Djumena
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM