Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Mobil "Rescue" Khusus untuk Kawal Pilkada

Kompas.com - 21/12/2016, 12:22 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Baharkam Mabes Polri melalui Unit Pengamanan dan Penyelamatan Polda Jawa Barat menyiapkan dua unit mobil rescue untuk mendukung personel dalam pengawalan Pemilihan Kepala Daerah Serentak di Kota Tasikmalaya, Rabu (21/12/2016).

Dua unit kendaraan canggih ini pun disiagakan untuk Operasi Lilin jelang Natal dan Tahun Baru, serta penanggulangan bencana longsor yang dinilai daerah ini paling rawan di Indonesia.

"Dua unit kendaraan rescue berteknologi canggih sengaja disiagakan di Kota Tasikmalaya untuk meng-cover wilayah se-Priangan Timur. Selain pengawalan Pilkada dan Operasi Lilin jelang Natal dan Tahun Baru, daerah Tasik, Ciamis dan sekitarnya merupakan wilayah paling rawan bencana alam," ujar Kepala Seksi Pengamanan dan Penyelamatan Polda Jabar, Kompol Nana Sumarna, Rabu pagi.

Kendaraan ini terdiri dari unit mobil kawat berduri dan unit rescue. Salah satu mobil ini dilengkapi dengan berbagai alat keselamatan bencana atau penyelamatan kecelakaan. Seperti alat selam, pemotong besi canggih, riverboat, dan dongkrak dengan teknologi terbarukan.

"Sebelum di Tasikmalaya, kami pun menggelar latihan penggunaan alat ini di Sukabumi. Daerah ini pun memiliki tingkat kerawanan bencana sama," kata dia.

Sementara itu, Kepala Satuan Sabhara Polres Tasikmalaya Kota AKP Dani Prasetya, menyambut baik adanya bantun dua unit kendaraan khusus untuk menunjang pengamanan beberapa kegiatan yang akan dihadapi di daerahnya.

Petugas pun akan semakin bersemangat dalam melaksanakan tugasnya. Pihaknya pun mendapatkan keterampilan lebih dengan adanya pelatihan penggunaan unit mobil rescue ini langsung dari petugas Polda Jabar.

"Dengan didukung unit kendaraan canggih ini diharapkan bisa lebih menunjang tugas pengamanan petugas untuk menghadapi beberapa kegiatan pengamanan di Tasik. Salah satunya pengamanan Pilkada Serentak," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com