Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Mahasiswa Unesa yang Mendaki Gunung Arjuno Dievakuasi

Kompas.com - 14/12/2016, 13:24 WIB
Kontributor Pasuruan, Moh. Anas

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com - Tim SAR berhasil mengevakuasi lima pendaki rombongan mahasiswa Universitas Surabaya (Unesa) dari Lembah Kijang puncak Gunung Arjuno Pasuruan Jawa Timur, ke pos izin pendakian di Tretes Kecamatan Prigen, Rabu (14/12/20).

Sementara itu satu korban meninggal dunia dan dua korban luka luka masih proses evakuasi.

Waktu yang dicapai Tim SAR yang merupakan gabungan dari SAR Surabaya, BPBD Kabupaten Pasuruan, dan warga setempat untuk mengevakuasi mereka lebih dari 10 jam.

Saat tiba di pos izin pendakian, rombongan mahasiswa tersebut langsung disambut isak tangis keluarga yang sudah menunggu sejak Selasa (13/12/2016) malam.  Sejumlah dosen yang juga menungguinya langsung merangkul dan membawa masuk ke ruang pos.

Menurut keterangan petugas, evakuasi memang tidak mudah karena medan yang sulit. Cuaca yang ektrem dengan curah hujan deras, petugas juga harus ekstra hati-hati untuk membawa turun dari ketinggian 3300 dpl.

"Medannya sangat curam dan terjal," ujar salah satu petugas.

Adapun kelima mahasiswa yang sudah dievakuasi adalah Rio Endi Arfianto (Surabaya), Nurdy Hamsah (Surabaya), Ramon Destianto Putra (Sidoarjo), Dimas Dani Sadewa (Sidoarjo), dan Dwiky Diyas Anjasmara (Gresik).

Sementara itu Wakil Dekan Fakultas Ilmu keolahragaan Unesa, Arif Bulqini menegaskan mahasiswa yang melakukan pendakian bukan termasuk kegiatan perkuliahan. Mereka hanya mengisi liburan menjelang ujian. "Mereka terkena musibah. Sebenarnya fisiknya mereka sangat tangguh," ucapnya.

Meski bukan bagian dari kegiatan kampus, pihaknya akan mengawal para mahasiswanya. Mulai dari penjemputan usai evakuasi, perawatan, hingga santunan.

Adanya pendaki yang mengalami kendala tersebut berawal dari laporan ketua rombongan pendakian Nur Ali Ridho yang menyebutkan rekannya bernama Bintara Fredyansah meninggal dan dua rekan yakni Ardian dan Mardian mengalami luka-luka usai tersambar petir.

Mereka tergabung dalam rombongan mahasiswa Jurusan Pendidikan Keolahragaan Unesa yang naik ke Gunung Arjuna dari Pos Tretes pada Senin, (12/12/2016) sekitar pukul 11.50 WIB.

Baca: Tiga Pendaki Tersambar Petir di Gunung Arjuno, Seorang Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com