Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolri: Bandung Sejuk, Jakarta Agak "Kenceng"

Kompas.com - 12/12/2016, 11:41 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian menyebut kondisi kegiatan shalat subuh berjemaah 1212 di Bandung berbeda dari aksi 4 November dan aksi doa bersama 2 Desember di Jakarta. 

Hal itu karena cuaca di Bandung saat aksi 1212 lebih sejuk ketimbang saat digelarnya aksi 4 November dan 2 Desember di Jakarta. Selain itu, eskalasi keamanan di Jakarta menjelang dua aksi itu juga sedikit meninggi. 

"Saya membandingkan dengan 212, hari ini Bandung udaranya sejuk sekali. Udaranya adem, waktu di Jakarta udaranya agak sedikit panas. Ini acaranya dari pagi sejuk sekali, kalau di Jakarta kenceng-kenceng dikit. Di sana panas," kata Tito.

(Baca: Masjid Pusdai Bandung Dipenuhi Jemaah Shalat Subuh 1212)

Hal itu disampaikan Tito saat menjadi pembicara dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad dan Milad ke-26 Pondok Pesantren Daarut Tauhid di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Senin (12/12/2016).

Sebab itu, ia berharap kesejukan dan kedamaian di Bandung menular ke semua daerah di Indonesia.

Dia pun berpesan agar Islam bisa menjadi rahmat bagi semua umat. Kapolri juga berharap tak ada pihak mana pun yang menyinggung isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) serta mengedepankan toleransi.

(Baca: Pasukan Berkuda di Antara Peserta Subuh 1212)

"Jadi, saya kira pesan saya satu, Islam adalah agama yang rahmatan lil alamin. Saya berharap, kita sebagai umat Islam bisa betul-betul meyakini agama kita sebagai rahmat untuk seluruh umat manusia. Kita hargai mereka yang berbeda suku, kembangkan sikap toleransi antar-umat," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com