Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Dijadwalkan Buka Pertemuan Perburuhan Internasional di Bali

Kompas.com - 06/12/2016, 09:23 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com -  Wakil Presiden Jusuf Kalla akan membukan Pertemuan Regional Asia dan Pasifik (APRM) ke-16 yang diselenggarakan Organisasi Perburuhan Internasional (ILO)  di Nusa Dua, Bali, pada tanggal 6-9 Desember 2016 ini. Wapres dijadwalkan membuka acara ini Selasa (6/12/2016), pukul 14.30 Wita.

"Akan dibuka oleh Wapres Jusuf Kalla. Hingga saat ini informasinya positif datang," kata Abdul Wahab Bangkona, Sekretaris Jenderal Kementerian Tenaga Kerja, Nusa Dua, Badung, Bali, hari ini.

Agenda APRM ILO ini akan meliputi diskusi-diskusi, mengenai penciptaan lapangan kerja, kebijakan ketenagakerjaan, standar-standar internasional, perusahaan multinasional, pengembangan keterampilan dan migrasi kerja. "Ini adakah forumnya ILO, fokusnya dalam pembahasan ini adalah bagaimana kita meningkatkan kompetensi tenaga kerja, saling pengakuan antar negara. Bukan membahas satu negara per negara," tambah Abdul.

Pertemuan Regional Asia Pasifik ini diselenggarakan empat tahun sekali, dalam pertemuannya di Bali kali ini akan dihadiri sekitar 450 delegasi dari sekitar 40 negara di Asia, Pasifik dan negara-negara Arab.

Delegasi-delegasi nasional umumnya dipimpin oleh menteri. Sementara perwakilan Pemerintah dari masing-masing delegasi akan mencakup delegasi organisasi pekerja dan pengusaha, guna memastikan diskusi-diskusi yang berlangsung mencerminkan beragam isu yang mempengaruhi perekonomian dan pasar tenaga kerja kawasan ini.

Para pembuat kebijakan, akademisi dan kelompok masyarakat sipil dari seluruh kawasan ini juga akan menghadiri pertemuan.

Sementara itu pada acara pagi ini diawali dengan pertemuan yang dihadiri Menteri Tenaga Kerja, Muhamad Hanif Dhakiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com