Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpan: Orang Datang Disambut Senyuman, Jangan dengan Satpol PP Merokok

Kompas.com - 05/12/2016, 23:03 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur meminta kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk tidak bermental penguasa dalam memberikan pelayanan publik.

"ASN agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tidak boleh bermental penguasa," kata Asman saat memberikan pengarahan kepada ratusan ASN di Gedung Islamic Centre Ambon, Senin (5/12/2016).

Menurut Asman, ada beberapa hal yang harus dimiliki oleh setiap ASN. Selain profesionalitas dan inovasi tinggi, setiap ASN juga harus memiliki jiwa melayani dan memiliki kesantunan dalam melayani masyrakat.

"Jiwa sebagai pelayan harus dimiliki oleh ASN, harus ada rasa melayani, rasa keramahtamahan. Kalau orang datang ke SKPD, harus disambut dengan senyuman, jangan dengan Satpol PP yang lagi merokok," kata dia.

Dia mengajak seluruh ASN untuk mengubah paradigma dalam memberikan pelayanan bahwa masyarakat harus dilayani dengan baik dan tuntas.

Menurut Asman, sejauh ini pelayanan publik di Indonesia masih kalah dari negara lain.

Berdasarkan laporan The Global Competition Report tahun 2015-2016, kata Asman, Indonesia berada pada peringkat 37 dari 140 negara dalam pelayanan publik.

Di tingkat Asean, Indonesia masih kalah dari Thailand, Malaysia, dan Singapura, yang berada peringkat pertama.

Untuk itu, Asman mendorong adanya reformasi birokrasi melalui perbaikan sistem dan peningkatan pelayanan berkualitas sebagaimana diminta oleh Presiden Joko Widodo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com