Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Jangan Melebihi Apa yang Sudah Diatur Polri dan MUI

Kompas.com - 01/12/2016, 14:15 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meminta agar para peserta aksi 2 Desember 2016 asal Kota Bandung bisa menjaga ketertiban selama proses aksi damai di Jakarta.

"Jangan melebihi apa yang sudah diatur atas kesepakatan Polri dan Majelis Ulama Indonesia (MUI), itu saja. Tetap jaga kondusivitas, Bandung aman enggak ada macam-macam," ujar pria yang kerap disapa Emil itu di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kamis (1/12/2016).

Emil pun tak ingin memberikan imbauan kepada para demonstran. Sebab, kegiatan tersebut bagian dari penyampaian aspirasi yang sah dilakukan di Indonesia.

"Kenapa harus ada imbauan, pertama menyampaikan aspirasi itu kan hak demokrasi jadi silakan. Kedua, jika sudah menyampaikan aspirasi harus sesuai aturan. Aturannya kan kalau di Jakarta hanya di monas, ikut dzikir, ikut shalat, dengarkan ceraman ulama, saya kira itu saja," tuturnya.

Peserta aksi damai bela Islam Jilid III yang berjalan kaki dari Ciamis singgah untuk berisitirahat di aula Masjid Kantor Perhutani Jabar, Jalan Sukarno Hatta, Bandung, Rabu (30/11/2016) malam.

Emil pun menyempatkan untuk mengunjungi massa. Ridwan mengatakan, kunjungannya itu untuk memastikan tidak ada peserta yang terlantar.

"Karena ada rombongan dari Ciamis yang jalan kaki dan bermalam di Bandung, saya sebagai Wali Kota mendoakan supaya mereka tidak terlantar, ada bantuan makan sedikit, PMI pun sumbang pemijat. Hanya nengok sebentar saja sekitar 15 menit," ucap Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com