Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Kasus Penularan HIV/AIDS di Kota Pangkal Pinang Diklaim Menurun

Kompas.com - 01/12/2016, 09:10 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com — Kasus penularan HIV/AIDS di wilayah Kota Pangkal Pinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dilaporkan menurun dari 55 kasus pada 2015 menjadi 30 kasus pada tahun 2016.

Penurunan kasus yang cukup signifikan dinilai sebagai bentuk kesadaran masyarakat dalam menghindari faktor penyebab penularan HIV/AIDS.

“Kami menargetkan zero new infection, zero AIDS reated death, dan zero discrimination,” kata Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Pangkal Pinang, Arham Naning, kepada Kompas.com, Kamis (1/12/2016).

KPA Pangkal Pinang merinci, penderita HIV pada 2015 terdiri dari 14 laki-laki dan 16 perempuan. Sementara itu, penderita AIDS tercatat sebanyak 16 laki-laki dan 9 perempuan. Total penderita sebanyak 55 orang.

Pada tahun 2016, terhitung Januari hingga September, jumlah penderita HIV terdiri dari 13 laki-laki dan 9 perempuan. Sementara itu, penderita AIDS terdiri dari 6 laki-laki dan 2 perempuan. Total penderita sebanyak 30 orang.

Adapun hari HIV/AIDS di Kota Pangkal Pinang diperingati dengan aksi jalan sehat massal, melibatkan peserta dari pelbagai kalangan usia.

Peserta jalan sehat menempuh rute sepanjang tiga kilometer, mengelilingi ruas jalan di Balaikota Pangkal Pinang.

Aksi jalan sehat disertai juga dengan pembagian bunga dan brosur tentang HIV/ADIS. Selain itu, peserta juga bisa mendapatkan berbagai hadiah melalui kupon undian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com