Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Kasus Ahok, Muhaimin Minta Umat Islam Tidak Bertindak Berlebihan

Kompas.com - 27/11/2016, 14:36 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, berharap umat Islam tenang dan tidak bertindak berlebihan dalam merespons kasus dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI non aktif, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Karena sebenarnya pesan dari umat Islam kepada negara sudah tersampaikan.

"Pesannya sebenarnya sudah sampai, yakni jangan pernah remehkan umat Islam dan jangan ganggu ketenangan dan kenyamanan umat Islam di Indonesia," katanya saat membuka Musyawarah Wilayah PKB Jawa Timur di Surabaya, Minggu (27/11/2016).

Tidak hanya pesan saja yang sudah tersampaikan, namun pemerintah juga sudah merespons pesan tersebut dengan memberikan status tersangka kepada Ahok.

"Islam di Indonesia adalah fakta yang harus diperhatikan secara khusus oleh pemerintah," ucapnya.

Fenomena itu dinilainya sebagai ujian kedewasaan berdemokrasi untuk Indonesia. Jika ujian tersebut bisa dilewati oleh bangsa Indonesia, maka dia yakin, kondisi demokrasi di Indonesia akan lebih jauh lebih baik kedepannya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com