Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakaian Belum Kering, Banjir Kembali Datang di Aceh Jaya

Kompas.com - 16/11/2016, 21:38 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Banjir kembali melanda Dusun Suka Makmur, Desa Pulo Tinggi, Kecamatan Pasie Raya, Aceh Jaya, Rabu (16/11/2016).

Banjir susulan tersebut menambah beban warga yang rumahnya tergenang air hingga mencapai dua meter akibat banjir pada Selasa kemarin.

Seluruh peralatan isi rumah termasuk pakaian berantakan karena tidak dapat diselamatkan dari banjir yang terjadi tiba-tiba.

"Belum sempat kering baju di badan, sekarang rumah saya sudah tergenang banjir lagi," kata Kepala Dusun Suka Makmur Rusnaldi kepada Kompas.com, Rabu.

Ia menduga bahwa banjir kali ini merupakan kiriman dari Sungai Krueng Tangse, Kabupaten Pidie.

Menurut Rusnaldi, dalam dua hari terakhir, curah hujan di wilayah Kecamatan Pasie Raya, Kabupaten Aceh Jaya, tergolong rendah.

Meski demikian, aliran Sungai Kreung Teunom di dekat pemukiman warga Desa Pulo Tinggi kembali meluap dan merendam ratusan rumah warga.

Rusnaldi mengatakan, akhir-akhir ini Desa Pulo Tinggi sering mengalami banjir saat hujan tiba. Pada bulan ini saja, sudah tiga kali banjir besar.

Ia menyebutkan, tanggul di sepanjang Sungai Krueng Teunom sudah rusak sehingga saat debit air meningkat langsung meluap ke pemukiman yang dihuni 105 kepala keluarga atau 315 jiwa tersebut.

"Pokoknya dalam minggu ini kami hidup dalam banjir. Kemarin sore banjir yang lalu surut sudah datang lagi banjir. Sekarang yang rumahnya telah terendam sudah mengungsi ke masjid dan rumah kerabat yang bebas dari banjir," kata dia.

Warga berharap Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dan Provinsi Aceh segera memperbaiki tanggul yang telah lama rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com